Evaluasi Drug Related Problems (DRP’S) Pada Pasien Anak Infeksi Saluran Pernafasan Akut Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta Tahun 2012

Istikomah, Istikomah and , Tri Yulianti, M.Si., Apt. (2013) Evaluasi Drug Related Problems (DRP’S) Pada Pasien Anak Infeksi Saluran Pernafasan Akut Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (529kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (215kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)

Abstract

Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di negara sedang berkembang merupakan penyebab kematian tersering pada anak. Drug Related Problems (DRPs) merupakan kejadian yang tidak diharapkan, berupa pengalaman pasien yang melibatkan terapi obat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui presentase kejadian dari masing-masing DRPs yang meliputi obat salah, ketidaktepatan dosis yaitu dosis kurang dan dosis lebih, serta potensial interaksi obat dalam terapi pengobatan infeksi saluran pernafasan akut pada pasien anak di instalasi rawat inap RSUD Dr. Moewardi Surakarta tahun 2012. Penelitian ini bersifat non eksperimental dengan rancangan penelitian deskriptif dan pengambilan data rekam medik secara retrospektif. Dari 138 kasus pasien ISPA rawat inap, jumlah pasien anak sebanyak 100 kasus pasien yang masuk kriteria inklusi, yaitu pasien anak umur 2-12 tahun yang tercatat menderita infeksi saluran pernafasan akut meliputi sinusitis, faringitis, bronkhiolitis dan pneumonia, serta pasien menjalani perawatan rawat inap yang tercatat mendapatkan terapi pengobatan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta tahun 2012. Pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Analisis kejadian drug related problems dilakukan dengan membandingkan hasil penelitian dengan buku standar secara deskriptif. Hasil penelitian dari 100 kasus pasien anak yang memenuhi kriteria inklusi menunjukkan kejadian DRPs kategori interaksi obat sebanyak 51 kasus (43,59%), dosis kurang sebanyak 40 kasus (34,19%), dosis lebih sebanyak 26 kasus (22,22%), dan tidak ditemukannya kategori DRPs obat salah dari total obat yang dianalisis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ISPA, Drug related problems, rawat inap, RSUD Dr. Moewardi Surakarta.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Sep 2013 12:53
Last Modified: 21 Oct 2021 04:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26291

Actions (login required)

View Item View Item