PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN TERHADAP RETURN PEMEGANG SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI

Mulyono , Nugroho (2008) PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN TERHADAP RETURN PEMEGANG SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200040346.pdf

Download (129kB)
[img] PDF
B200040346.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)

Abstract

Investor mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam mengelola sumber daya yang dimiliki untuk menghasilkan laba. Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan memperoleh laba dalam hubungannya dengan penjua lan, total aktiva, investasi maupun modal sendiri. Sedangkan EVA adalah suatu pengukuran yang memperhatikan secara tepat semua faktor- faktor yang berhubungan dengan penciptaan nilai (value). EVA mengukur nilai tambah (value creation) yang dihasilkan suatu perusahaan dengan cara mengurangi biaya modal (cost of capital) yang timbul sebagai akibat investasi yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh EVA (Economic Value Added), ROA (Return on Asset), ROE (Return on Equity), dan ROS (Return on Sales) terhadap return saham. Penelitian ini termasuk jenis penelitian empiris yang menggunakan data sekunder dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang go public di BEI. Sampel yang diambil adalah 19 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria tertentu yang telah ditetapkan dan data yang dikumpulkan adalah periode 2001-2005, sehingga jumlah data yang diteliti adalah 95 (19 perusahaan x 5 periode). Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling dan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Economic Value Added (EVA) berpengaruh positif terhadap return saham. Terbukti dari hasil pengujian hipotesis dengan uji t yang memperoleh thitung sebesar 2,247 diterima pada taraf signifikansi 5% dan Ha1 diterima. Artinya semakin tinggi nilai EVA, maka return saham semakin meningkat. (2) Return On Assets (ROA) berpengaruh positif terhadap return saham. Terbukti dari hasil pengujian hipotesis dengan uji t yang memperoleh thitung sebesar 2,773 diterima pada taraf signifikansi 5% dan Ha2 diterima. Artinya semakin tinggi rasio ROA, maka return saham semakin meningkat. (3) Return On Equity (ROE) tidak berpengaruh terhadap return saham. Terbukti dari hasil pengujian hipotesis dengan uji t yang memperoleh thitung sebesar -0,980 ditolak pada taraf signifikansi 5% dan H ditolak. Artinya a3 return saham tidak berkaitan dengan tinggi rendahnya rasio ROE. (4) Return On Sales (ROS) tidak berpengaruh terhadap return saham. Terbukti dari hasil pengujian hipotesis dengan uji t yang memperoleh thitung sebesar -1,341 ditolak pada taraf signifikansi 5% dan Ha4 ditolak. Artinya return saham tidak berkaitan dengan tinggi rendahnya rasio ROS.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: economic value added, return on asset, return on equity, return on sales, return saham
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 13 Jun 2009 04:13
Last Modified: 16 Nov 2010 21:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2626

Actions (login required)

View Item View Item