Optimasi Formula Gel Minyak Atsiri Buah Adas (Foeniculum vulgare) Dengan Kombinasi Propilen Glikol – Carbopol Terhadap Sifat Fisik Dan Aktivitas Repelan Pada Nyamuk Anopheles aconitus betina

Retnowati, Ani Dwi and , Dr. Mimiek Murrukmihadi, SU., Apt and , Suprapto, M.Sc., Apt (2013) Optimasi Formula Gel Minyak Atsiri Buah Adas (Foeniculum vulgare) Dengan Kombinasi Propilen Glikol – Carbopol Terhadap Sifat Fisik Dan Aktivitas Repelan Pada Nyamuk Anopheles aconitus betina. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (372kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (285kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Dafatr Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)

Abstract

Minyak atsiri buah adas merupakan salah satu minyak atsiri yang telah diteliti sebagai bahan aktif losion anti nyamuk demam berdarah (Aedes aegypty), oleh karena itu minyak atsiri buah adas perlu diformulasikan dalam bentuk gel dengan bahan propilen sebagai humektan dan carbopol sebagai gelling agent serta dicari formula optimumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi optimum propilen glikol dan carbopol, pengaruh kedua faktor dan interaksinya dengan uji sifat fisik gel minyak atsiri buah adas, serta aktivitas repelan pada nyamuk Anopheles aconitus betina. Sediaan gel menggunakan bahan tambahan propilen glikol dan carbopol dengan berbagai variasi menurut desain faktorial. Optimasi formula dilakukan terhadap propilen glikol dan carbopol menggunakan program optimasi Design Expert dengan parameter sifat fisik gel (uji viskositas, uji daya lekat, uji daya sebar, dan uji pH) dan aktivitas repelan. Hasil menunjukkan bahwa propilen glikol dominan meningkatkan daya sebar gel sedangkan carbopol dominan meningkatkan viskositas dan daya lekat gel. Interaksi dari propilen glikol dan carbopol meningkatkan aktivitas repelan. Komposisi formula yang optimum ditunjukkan oleh contour plot super imposed untuk viskositas, daya lekat, daya sebar, dan aktivitas repelan terletak pada propilen glikol level rendah dan carbopol level rendah yaitu propilen glikol 4% dan carbopol 0,57%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: optimasi, gel repelan, minyak atsiri buah adas.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Sep 2013 06:41
Last Modified: 21 Oct 2021 03:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26237

Actions (login required)

View Item View Item