Perbedaan Kepuasan Pasien Umum, Askes, dan Jamkesmas Terhadap Pelayanan Rawat Inap Kasus Bedah Tulang di Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta

Desiana, Ria and , Yuli Kusumawati, SKM., M. Kes(Epid) and , Dwi Astuti, SKM., M.Kes (2013) Perbedaan Kepuasan Pasien Umum, Askes, dan Jamkesmas Terhadap Pelayanan Rawat Inap Kasus Bedah Tulang di Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (326kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
04._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (bab III)
05._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab V)
07._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (bab VI)
08._Bab_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan rawat inap merupakan salah satu pelayanan di rumah sakit yang memberikan pelayanan secara komprehensif untuk membantu menyelesaikan masalah yang dialami oleh pasien sehingga kepuasan pasien bisa dipakai sebagai salah satu indikator mutu pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kepuasan pasien umum, Askes, dan Jamkesmas terhadap pelayanan rawat inap kasus bedah tulang. Metode penelitian ini menggunakan rancangan observasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien yang mendapatkan pelayanan rawat inap kelas II dan III dengan kasus bedah tulang sebanyak 379 orang terdiri dari 114 pasien umum, 123 pasien Askes, dan 142 pasien Jamkesmas. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 80 orang terdiri dari 24 pasien umum, 26 pasien Askes, dan 30 pasien Jamkesmas. Analisis data menggunakan uji Kruskal-Wallis dengan program SPSS 21 dilaksanakan di laboratorium komputer FIK UMS. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan kepuasan pasien umum, Askes, dan Jamkesmas terhadap pelayanan rawat inap kasus bedah tulang yang diukur berdasarkan aspek tangible (p=0,427), reliability (p=0,861), responsiveness (p=0,298), assurance (p=0,304), emphaty (p=0,573) dan tidak ada perbedaan kepuasan pelayanan rawat inap kasus bedah tulang terhadap pasien umum, Askes, dan Jamkesmas di Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta (p=0,636)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pasien Umum, Pasien Askes, Pasien Jamkesmas, Rawat Inap
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2013 07:36
Last Modified: 02 Nov 2021 03:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26183

Actions (login required)

View Item View Item