Uji Efek Penyembuhan Luka Bakar Gel Ekstrak Herba Pegagan (Centella asiatica L. Urban) Dengan Gelling Agent Carbopol 934 Pada Kulit Punggung Kelinci Jantan

Asmi, Redita Puja and , Dr. TN Saifullah Sulaiman, M.Si., Apt. and , Tanti Azizah Sujono, M.Sc., Apt (2013) Uji Efek Penyembuhan Luka Bakar Gel Ekstrak Herba Pegagan (Centella asiatica L. Urban) Dengan Gelling Agent Carbopol 934 Pada Kulit Punggung Kelinci Jantan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (227kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (289kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Herba pegagan (Centella asiatica L. Urban) mengandung asiaticoside yang dapat berperan dalam penyembuhan luka. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan formula gel dari herba pegagan dengan menggunakan gelling agent carbopol 934 dengan variasi konsentrasi 1%, 1,5% dan 2 % dan mengetahui pengaruhnya terhadap kecepatan penyembuhan luka bakar beserta sifat fisik gel. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan rancangan acak lengkap sama subjek. Uji dilakukan dengan cara mencukur punggung kelinci New Zealand White, kemudian dianastesi lokal dengan etil asetat, setelah itu diinduksi panas (suhu 800C selama 5 detik). Gel dioleskan satu kali sehari, kemudian ditutup dengan kasa steril. Diameter luka bakar diukur sampai diameter nol. Data waktu penyembuhan luka bakar sampai 100% dan sifat fisik (uji melekat dan daya sebar), lama penyembuhan dianalisis dengan uji statistik dengan taraf kepercayaan 95%. Kenaikan konsentrasi carbopol 934 dalam formula gel menyebabkan peningkatan viskositas gel dan daya lekat, serta menurunkan daya sebar. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan formula gel ekstrak herba pegagan dengan gelling agent carbopol 934 dapat mempercepat penyembuhan luka bakar. Konsentrasi carbopol 934 1% paling cepat menyembuhkan luka yaitu 16,4±0,55 hari, dibandingkan dengan formula gel konsentrasi 1,5% (18±0,71 hari) dan 2% (19,8±0,84 hari).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pegagan, gel, luka bakar, carbopol 934.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Sep 2013 08:50
Last Modified: 21 Oct 2021 01:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26046

Actions (login required)

View Item View Item