Rekonsiliasi Keraton Dalam Konstruksi Media (Studi Analisis Framing Pada Kasus Rekonsiliasi Keraton Kasunanan Surakarta Dalam Surat Kabar Solopos Edisi Bulan Mei – Juni 2012)

Irsyad Mahlafi, Moch. and , Drs. Joko Sutarso, S.E, M.Si and , Agus Triyono, S.Sos, M.Si (2013) Rekonsiliasi Keraton Dalam Konstruksi Media (Studi Analisis Framing Pada Kasus Rekonsiliasi Keraton Kasunanan Surakarta Dalam Surat Kabar Solopos Edisi Bulan Mei – Juni 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (336kB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
Cover.pdf

Download (573kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (521kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (210kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Kasus rekonsiliasi keraton Kasunanan Surakarta menjadi bahan peristiwa pemberitaan oleh media baik cetak, elektronik maupun internet. Salah satu media lokal Surakarta yaitu Solopos, senantiasa mengawal peristiwa yang terjadi. Media massa melakukan proses penyeleksian dalam memilih baik dari narasumber maupun objek berita. Sejak wafatnya raja Paku Buwana XII keraton Kasunanan Surakarta memiliki dua raja kembar yang berkuasa, yaitu KGPH Hangabehi dan KGPH Tedjowulan. Keraton terpecah belah menjadi beberapa kubu, yang berasal dari internal keraton. Pemerintah turun tangan berupaya untuk merekonsiliasi keraton. Rekonsiliasi tersebut diharapkan agar keraton kembali normal dan kembali sesuai dengan fungsinya sebagai cagar budaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis framing. Analisis framing yang dipakai adalah model analisis framing dari Robert N Entman. Model tersebut melihat sebuah berita dari dua dimensi yaitu seleksi isu dan penonjolan aspek-aspek tertentu. Kemudian dianalisis dengan menggunakan empat perangkat framing model Robert N Entman. Data diambil dari dokumentasi pemberitaan tentang rekonsiliasi Keraton Kasunanan Surakarta di media cetak Solopos periode Mei-Juni 2012. Dari hasil penelitian dapat siambil kesimpulan bahwa pemberitaan mengenai rekonsiliasi keraton Kasunanan Surakarta terjadi konflik budaya. Terdapat tiga temuan peneliti dalam peristiwa ini, yaitu adanya disharmonisasi hubungan internal keluarg keraton, dekonstruksi budaya keraton, dan politisasi konflik keraton.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rekonsiliasi Keraton Surakarta, framing, Solopos
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2013 07:28
Last Modified: 23 Oct 2021 04:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26029

Actions (login required)

View Item View Item