Perbedaan Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Leafleat Dengan Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Bahaya Minuman Keras Di Desa Wates Simo Boyolali

PERMATASARI, DESI and , Irdawati S. Kep., Ns, Msi. Med. and , Kartinah, A.Kep, S.Kep (2013) Perbedaan Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Leafleat Dengan Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Bahaya Minuman Keras Di Desa Wates Simo Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (LAMPIRAN )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (167kB)

Abstract

Remaja masa kini lebih banyak menghadapi tuntutan dan harapan, serta bahaya dan godaan yang lebik kompleks. Banyak dari remaja yang menghadapi masalah atau menghindari masalah dengan mencari ketenangan melalui minum minuman keras. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang bahaya minuman keras. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah pemberian pendidikan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan leafleat dengan audiovisual terhadap tingkat pengetahuan remaja tentang bahaya minuman keras di desa Wates Simo Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan rancangan eksperimental dengan desain two group pre-test-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh remaja yang berada di desa Wates Simo, sedangkan sampel penelitian sebanyak 74 orang yang dibagi dalam 2 kelompok yaitu pemberian pendidikan kesehatan menggunakan metode leaflet dan audiovisual. Instrumen penelitian berupa kuesioner pengetahuan tentang bahaya minum minuman keras. Teknik pengujian hipotesis adalah uji t-test. Berdasarkan analisis dan pembahasan maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) tingkat pengetahuan sebelum pemberian pendidikan kesehatan baik menggunakan metode leaflet maupun audiovisual sebagian besar memiliki pengetahuan kurang, (2) tingkat pengetahuan sesudah pemberian pendidikan kesehatan menggunakan metode leaflet sebagian besar memiliki pengetahuan sedang, sedangkan pada pendidikan kesehatan menggunakan metode audiovisual sebagian besar memiliki pengetahuan baik, dan (3) terdapat pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan metode leaflet dan audiovisual terhadap tingkat pengetahuan tentang bahaya minuman keras pada remaja di desa Wates Simo. Pendidikan kesehatan menggunakan metode audiovisual lebih efektif meningkatkan pengetahuan tentang bahaya minuman keras dibandingkan metode leaflet.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, pendidikan kesehatan, leaflet, audiovisual
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2013 06:42
Last Modified: 01 Jun 2016 09:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26014

Actions (login required)

View Item View Item