Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Keaktifan Lansia Dalam Mengikuti Kegiatan Posyandu Lansia Aisiyah Di Desa Pakisan Cawas Klaten

KHOIRUNNISA, NABILA and , Arina Maliya, S.Kep., M.Si.Med. and , Dwi Handoyo , S.Kep., Ns. (2013) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Keaktifan Lansia Dalam Mengikuti Kegiatan Posyandu Lansia Aisiyah Di Desa Pakisan Cawas Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
Bab_I.pdf

Download (178kB)
[img] PDF (BAB II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (BAB III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (BAB IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (BAB V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (BAB VI)
Bab_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (192kB)

Abstract

Pada usia lanjut, akan terjadi penurunan kondisi fisik atau biologis, kondisi psikologis dan kondisi perubahan sosial. Para usia lanjut, maupun masyarakat beranggapan bahwa seakan-akan tugasnya sudah selesai, mereka berhenti bekerja dan semakin mengundurkan diri dalam pergaulan bermasyarakat. Lanjut usia sangat memerlukan dukungan sosial selama lanjut usia sendiri masih mampu memahami makna dari dukungan sosial tersebut sebagai penyokong atau penopang dalam kehidupannya. Tetapi dalam kehidupannya seringkali ditemuibahwa tidak semua lansia mampu memahami adanya dukungan sosial dari orang lain, sehingga walaupun ia telah menerima dukungan sosial tetapi masih saja menunjukkan adanya ketidakpuasan, yang ditampilkan dengan cara menggerutu, kecewa, dan kesal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan keaktifan lansia dalam mengikuti kegiatan posyandu lansia aisiyah di desa Pakisan Cawas Klaten. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini 45 lansia di posyandu Aisiyah desa Pakisan. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling sebanyak 45 lansia. Teknik pengolahan data menggunakan teknik Chi Square. Hasil Uji Chi Square pada penelitian ini sebesar p-Value 0,001 dan nilai korelasi sebesar 0,502 sehingga disimpulkan bahwa : (1) Dukungan sosial pada lansia di Posyandu Lansia Aisiyah Desa Pakisan Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten sebagian besar adalah cukup, (2) Tingkat keaktifan lansia dalam mengikuti kegiatan posyandu lansia Aisiyah di Desa Pakisan Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten sebagian besar adalah tidak aktif, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan keaktifan lansia dalam mengikuti kegiatan posyandu lansia Aisiyah di Desa Pakisan Cawas Klaten dengan keeratan hubungan adalah cukup.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial, keaktifan, lansia
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2013 06:25
Last Modified: 01 Jun 2016 09:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26011

Actions (login required)

View Item View Item