Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pada Penderita Skabies Tentang Penyakit Skabies Di Desa Geneng Sari Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali

Dewi, Vinda Yulia and , H.M. Abi Muhlisin, SKM., M.Kep and , Ambarwati, S.Pd, M.Si (2013) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pada Penderita Skabies Tentang Penyakit Skabies Di Desa Geneng Sari Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DDEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (587kB)

Abstract

Skabies dalam bahasa Indonesia sering disebut kudis. Jumlah penderita skabies di Indonesia pada tahun 2011 sebesar 2,9% dari jumlah penduduk di Indonesia, dan tahun 2012 meningkat menjadi 3,6% penderita skabies. Salah satu faktor yang membantu penyebaran penyakit skabies adalah kondisi sosial ekonomi yang rendah. Pendidikan kesehatan tentang skabies adalah kegiatan menyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat untuk lebih memahami mengenai penyakit skabies. Dengan pengetahuan tersebut diharapkan juga terjadi perubahan sikap yang lebih baik untuk dapat berperilaku hidup sehat dan dapat mencegah terjadinya skabies. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap pada penderita skabies tentang penyakit skabies di Desa Geneng Sari Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini adalah “Quasi Eksperiment, dengan rancangan Pretest and Posttest control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, yaitu seluruh penderita skabies yang memeriksakan penyakitnya di Bidan Desa Geneng Sari Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali sebanyak 40 penderita pada periode 1 Februari sampai 31 Maret 2013. Instrumen penelitian berupa kuesioner pengetahuan dan sikap tentang skabies. Alat analisis data menggunakan uji komparatif, baik independen t test maupun paired t test. Hasil penelitian diketahui terjadi peningkatan pengetahuan pada kelompok perlakuan setelah menerima pendidikan kesehatan dengan p = 0,001, sementara pada kelompok kontrol tidak terjadi peningkatan pengetahuan dengan p = 0,125. Terjadi perubahan sikap kelompok perlakuan setelah diberi pendidikan kesahatan dengan p = 0,001, sedangkan pada kelompok kontrol tidak terjadi perubahan sikap yang bermakna dengan p = 0,323. Terdapat perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan p = 0,012. Terdapat perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan terhadap sikap antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan p = 0,001.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan, pengetahuan, sikap, skabies.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 15:59
Last Modified: 01 Jun 2016 10:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26004

Actions (login required)

View Item View Item