Pengaruh Senam Aerobik Low Impact Intensitas Sedang Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi Di Posyandu Lansia Desa Wironanggan Sukoharjo

Sumarwan, Edi and , Abi Muhlisin, SKM., M.Kep and , Bakori, SKP, M.Pd (2013) Pengaruh Senam Aerobik Low Impact Intensitas Sedang Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi Di Posyandu Lansia Desa Wironanggan Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover_-_abstrak.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (318kB)

Abstract

Orang lanjut usia sering sering kali mengeluhkan masalah kesehatannya, salah satu keluhan adalah tekanan darah yang tinggi atau yang disebut hipertensi. Senam aerobic low impact adalah salah satu cara pengobatan non farmakologik agar tekanan darah lansia dapat stabil. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh senam aerobik low impact intensitas sedang terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi di posyandu lansia Desa Wironanggan Sukoharjo. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-posttest with control group. Sampel penelitian adalah lansia yang menderita hipertensi yang terdaftar di 7 posyandu Desa Wironaggan, Sukoharjo sebanyak 38 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Instrument penelitian berupa terapi senam aerobic low impact sebanyak 4 kali seminggu selama 2 minggu. Setiap terapi senam dilakukan selama 30 menit. Pengukuran tekanan darah dilakukan sebelum dilakukan senam dan hari terakhir sesudah responden senam. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian diketahui rata-rata tekanan darah sistolik kelompok perlakuan sebelum senam aerobik low impact intensitas sedang sebesar 159.22 mmHg, dan tekanan darah diastolic diatas 91.11mmHg. Rata-rata Tekanan darah kelompok perlakuan setelah dilakukan senam aerobik low impact intensitas sedang diatas 128.33mmHg, dan tekanan darah diastolic diatas 82.77mmHg. Terdapat pengaruh senam aerobik low impact intensitas sedang terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan Hipertensi di Posyandu lansia Desa Wironanggan, Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: senam aerobik low impact intensitas sedang, tekanan darah, lansia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 13:42
Last Modified: 02 Jun 2016 07:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25999

Actions (login required)

View Item View Item