Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta Tahun 2013)

Khoirunisa, Nugrahani and , Dr. Badaruddin, M.Ag and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd (2013) Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta Tahun 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (681kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf

Download (318kB)
[img] PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (406kB)

Abstract

Aqidah Islam berpangkal pada keyakinan kepada Allah SWT, bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah. Akhlak mulia berawal dari aqidah, jika aqidahnya sudah baik maka dengan sendirinya akhlak mulia akan terbentuk sehingga karakternya akan menjadi baik. Iman yang teguh pasti tidak ada keraguan dalam hatinya dan tidak tercampuri oleh kebimbangan. Beriman kepada Allah pasti akan melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi larangannya. Beriman kepada Allah juga harus beriman kepada malaikat, Nabi, kitab, hari akhir, qada dan qadar Allah. Permasalahan yang akan dikaji adalah pelaksanaan pendidikan aqidah akhlak dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan aqidah akhlak dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara (interview), dan dokume menggunakan teknik analisis deskriftif kualitatif yang dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan dengan pola pikir induktif. Sedangkan yang dijadikan subyek penelitian adalah guru mata pelajaran aqidah akhlak, guru BK, wakasek bidang kesiswaan, dan semua hal yang terkait dengan Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, guru mengaplikasikan kurikulum dengan materi yang diprogramkan, melaksanakan evaluasi untuk mengukur seberapa tingkat pemahaman siswa dengan materi yang sudah dijarkan. Segi perilaku siswa MAN 2 Surakarta sudah mencerminkan perbaikan nilai karakter. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa, ketekunan siswa dalam beribadah, sopan dan santun terhadap guru, dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah, dan dapat menjadi siswa berprestasi dengan menjuarai berbagai lomba. Tujuan pembelajaran aqidah akhlaknya adalah: siswa mampu menjelaskan, mendeskripsikan, memahamai, mengetahui, menganalisis dan mengerti tentang ilmu kalam, akhlak terpuji dan akhlak tercela. Dari tujuan pembelajara tersebut, guru mengharapkan siswa menjadi anak yang disiplin, patuh terhadap orang tua, berguna bagi agama, nusa dan bangsa. Guru menggunakan metode ceramah, sosio drama dan diskusi dalam pembelajaran yang bertujuan agar siswa mudah memahami, namun metode tersebut kurang menarik sehingga siswa cenderung bosan dan sulit memahami. Evaluasi pembelajaran di MAN 2 Surakarta sudah memenuhi standar KKM 75 yaitu, nilai rata-rata ujian tengah semester kelas XI Ilmu Sosial 4 adalah 77 dan mengalami kenaikan pada ujiansemester menjadi 78,9. Nilai rata-rata ujian tengah semester kelas XI Ilmu Sosial 5 adalah 77,5 dan nilai rata-rata ujian semester 78,5 ini dapat dikatakan baik karena mengalami kenaikan. Berdasar pengamatan di sekolah, siswa mengalami perubahan dalam kedisiplinan serta ketaatan dalam beribadah, dan kesopananterhadap guru, karyawan sekolah, dan masyarakat. Pelaksanaan pengembangan diri siswa dengan melakukan pengembangan kreativitas dan bimbingan karier.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan aqidah akhlak dan karakter siswa
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BA Islam > BA11 Pendidikan Agama Islam
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 07:47
Last Modified: 02 Dec 2022 03:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25947

Actions (login required)

View Item View Item