METODE ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH KEAAGAMAAN HUSNUL KHOTIMAH, KABUPATEN KUNINGAN PROPINSI JAWA BARAT TAHUN AJARAN 2007/2008

SHINTAWATI, ARIESTA (2008) METODE ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH KEAAGAMAAN HUSNUL KHOTIMAH, KABUPATEN KUNINGAN PROPINSI JAWA BARAT TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000040009.pdf

Download (387kB)
[img] PDF
G000040009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)

Abstract

Dalam mata pelajaran Fiqih untuk siswa pada umumnya guru menggunakan metode pembelajaran ceramah, dengan metode tersebut, siswa dituntut untuk duduk tenang, mendengarkan dan melihat guru mengajar selam berjam-jam. Gaya guru yang statis dapat menimbulkan kejenuhan siswa dalam mengikuti pelajaran, dengan metode dalam pembelajaran fiqih adalah faktor yang sangat penting, karena dengan metode suatu pesan pembelajaran akan berproses secara efektif. MAK Husnul Khotimah Kuningan adalah salah satu lembaga pendidikan lanjutan menengah atas berciri khas Agama Islam yang terus berbenah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Wujud upaya peningkatan mutu pendidikan yang ditempuh oleh MAK Husnul Khotimah, diantaranya dengan menerapkan metode active learning dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode active learning dalam pembelajaran fiqih di MAK Husnul Khotimah dan apa kendalakendala yang mungkin dapat menghambat penerapan metode active learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode active learning dalam pembelajaran fiqih di MAK Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat, serta mengetahui kendala-kendala yang mungkin dapat menghambat pelaksanaan metode tersebut. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi teorotik berupa penyajian informasi ilmiah untuk menyempurnakan pelaksanaan metode active learning dalam pembelajaran fiqih. Sebagai dasar untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan sebagai pembanding dalam penelitian-penelitian lebih lanjut yang sejenis, serta bagi guru penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan dalam proses kegoatan belajar mengajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Reseacrh) yang bersifat kualitatif, objek penelitian adalah guru dan siswa kelas XI B MAK Husnul Khotimah. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan kualitatif deskriftif (penelitian yang menghasilkan kata-kata tulisan dan lisan) Dalam penelitian ini di simpulkan bahwa, selain menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran fiqih, MAK Husnul Khotimah juga menggunakan metode belajar aktif yaitu, Every One is a Teacher Here dan Analyze Case Studies. Adapun kendala yang dapat menghambat metode active learning adalah alokasi waktu yang tidak cukup, masih ada beberapa siswa yang membuat keributan dan tidak menghargai pendapat siswa lain, guru yang masih belum bisa memahami tiap karakteristik siswa dan kecepatan belajar atau pemahanan tiap siswa tidaklah sama.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ACTIVE LEARNING, PEMBELAJARAN FIQIH , MADRASAH ALIYAH KEAAGAMAAN HUSNUL KHOTIMAH,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 12 Jun 2009 09:02
Last Modified: 16 Nov 2010 21:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2593

Actions (login required)

View Item View Item