Penerapan Strategi Demonstrasi Pada Bidang Studi Fiqih Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Bulu Manyaran Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012

Nurhayati, Umi and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag (2013) Penerapan Strategi Demonstrasi Pada Bidang Studi Fiqih Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Bulu Manyaran Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (665kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (282kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (382kB)

Abstract

Strategi demonstrasi merupakan strategi pembelajaran dengan cara memperagakan atau mempertunjukkan sesuatu di hadapan siswa tentang suatu proses dengan tujuan ilmu dan keterampilan yang didemonstrasikan lebih bermakna dalam ingatan siswa. Strategi ini dirasa cocok untuk mata pelajaran Fiqih karena banyak materi yang melibatkan gerak fisik seperti wudlu, tayamum, shalat, haji dan qurban. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis melakukan penelitian dengan rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan strategi demonstrasi yang digunakan pada mata pelajaran Fiqih di MI Muhammadiyah Bulu Manyaran Wonogiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang penerapan strategi demonstrasi yang diterapkan oleh guru bidang studi Fiqih di MI Muhammadiyah Bulu Manyaran. Manfaat penelitian ini adalah sebagai kontribusi terhadap disiplin ilmu pendidikan, khususnya pada Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya berdasarkan strategi demonstrasi yang diterapkan di MI Muhammadiyah Bulu. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai referensi bagi lembaga pendidikan khususnya dalam bidang studi PAI dalam upaya mengembangkan strategi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan yang bersifat diskriptif. Sumber data primer penelitian berupa kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan (sekunder) seperti dokumen dan arsip-arsip di MI Muhammadiyah Bulu. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan: 1). Penerapan strategi demontrasi dalam pembelajaran fiqih bab qurban telah memiliki kesesuaian dengan prosedur pelaksanaan demonstrasi. Kesesuaian tersebut terlihat dari langkah-langkah persiapan yang dilakukan oleh guru, peragaan oleh guru yang kemudian diikuti oleh siswa, hingga penilaian melalui praktikum kelompok telah dilaksanakan oleh guru. 2). Dengan melihat data yang disajikan berupa perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan pelaksanaannya ada ketidaksamaan dengan apa yang direncanakan, hal ini dapat dilihat RPP yang dibuat oleh guru tidak semua dipakai dalam proses belajar mengajar, sehingga hasil yang dicapai tentunya tidak dapat diukur.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Demonstrasi, Fiqih,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2013 12:07
Last Modified: 29 Oct 2021 11:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25901

Actions (login required)

View Item View Item