Munawar, Munawar and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2013) Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Wonogiri Tahun Ajaran 2009 - 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (657kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (507kB) |
Abstract
Kompetensi profesional merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Guru pendidikan agama Islam pun harus memiliki kompetensi ini. Karena, agar pendidikan agama Islam berjalan dengan baik dan efektif, diperlukan faktor-faktor yang mendukung, salah satunya adalah guru yang profesional. Sehingga dengan guru yang profesional diharapkan kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan efektif dan anak didik dapat mengetahui, meyakini, menghayati dan mengamalkan agama Islam dengan baik pula. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimanakah kompetensi profesional guru bidang studi pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Wonogiri. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru bidang studi pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Wonogiri. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberi gambaran tentang kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Wonogiri dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan khususnya dalam dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Wonogiri dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penulisan ini adalah interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Analisis data bersifat deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Wonogiri secara umum telah memiliki kompetensi profesional yang memadai untuk menjadi seorang guru. Hal ini ditandai telah berjalannya beberapa aspek dari kompetensi profesional dengan cukup baik. Aspek yang telah berjalan dengan cukup baik adalah aspek menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan mata pelajaran, aspek menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar dan aspek mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. Aspek kompetensi profesional yang kurang terlaksana adalah aspek mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Adapun yang belum terlaksana adalah aspek memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guru, kompetensi professional dan pendidikan agama Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 14 Sep 2013 11:11 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 11:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25899 |
Actions (login required)
View Item |