Penerapan Bimbingan Konseling Islami Dalam Pembentukan Akhlak Siswa (Studi Empirik Di Sdit Permata Insani Tulung,Klaten Tahun Ajaran 2012/2013)

Fathoni, Muhammad and , Dra. Chusniatun, M.Ag. and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd (2013) Penerapan Bimbingan Konseling Islami Dalam Pembentukan Akhlak Siswa (Studi Empirik Di Sdit Permata Insani Tulung,Klaten Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (398kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (218kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (215kB)

Abstract

Bimbingan dan konseling menjadi suatu hal yang penting dalam dunia pendidikan, semakin berkembangnya teknologi mengakibatkan perubahan-perubahan dalam berbagai sendi kehidupan,salah satunya dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu,lembaga pendidikan tidak dapat melepaskan diri dari situasi yang diakibatkan oleh perubahan-perubahan itu. Konsep bimbingan konseling Islami tidak dapat dilepaskan dengan hakekat manusia menurut Islam. Pada dasarnya manusia adalah makhluk Allah,keberadaannya di dunia sebagai kholifah Allah.Berdasarkan hal itu maka menulis melakukan penelitian tentang “Penerapan Bimbingan Konseling Islami dalam Pembentukan Akhlak Siswa (Studi Empirik di SDIT Permata Insani Tulung, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013)” Permasalahan dari penelitian ini adalah: 1)Bagaimana penerapan bimbingan konseling Islami dalam membentuk akhlak siswa? 2) Apakah hambatan dalam pelaksanan bimbingan konseling Islami dan bagaimana cara mengatasinya? Sehingga tujuan dari skripsi ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan bimbingan konseling Islami di SDIT Permata Insani dalam pembentukan akhlak siswa dan mendiskripsikan hambatan dalam pelaksanaan bimbingan konseling Islami dan bagaimana cara mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru dan siswa serta staf guru BK, wali kelas, serta para pihak pendukung lainnya, sedangkan sampel penelitian adalah seluruh siswa SDIT Permata Insani Tulung pada umumnya dan yang mempunyai masalahakhlak pada khususnya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan Bimbingan Konseling Islami di SDIT Permata Insani dalam membentuk akhlak siswa dilakukan dengan melibatkan seluruh staf sekolah seperti,kepala sekolah, guru BKI, wali kelas dan guru mata pelajaran terlibat dan berperan dalam pelaksanaan bimbingan konseling Islami disekolah. Hambatan–hambatan dalam pelaksanaan penerapan bimbingan konseling Islami di SDIT Permata Insani meliputi ada sebagian anak yang kurang sekali kedekatan dengan orang tuanya karena sebagian orang tua melihat system fullday school adalah system untuk menitipkan anak sehingga mereka leluasa untuk bekerja seharian tanpa banyak perhatian terhadap kegiatan anak-anaknya sehingga orang tua tidak mengetahui proses perkembangan kejiwaan anak yang sedang terjadi. Ada sebagian anak yang kemauan lemah dalam berubah. Adanya media elektronik yang mengganggu seperti televisi dan HP. Kemudian Lingkungan pergaulan dan lingkungan keluarga yang kurang baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan konseling islami, akhlak.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2013 15:14
Last Modified: 29 Oct 2021 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25840

Actions (login required)

View Item View Item