Rahman, Nashir and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Drs. Arief Wibowo, M.Ag (2013) Pemanfaatan Islamic Centre Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Non Formal (Studi Kasus Di Islamic Centre Al-Barokah Purwantoro Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman_Depan.pdf Download (697kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (243kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka.pdf Download (81kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah_Publikasi.pdf Download (359kB) |
Abstract
Islam menempatkkan pendidikan sebagai sesuatu yang esensial dalam kehidupan umat manusia. Melalui pendidikan, manusia dapat membentuk kepribadiannya. Dan disebabkan karena adanya tuntutan pemenuhan kebutuhan masyarakat dala bidang pendidikan, di mana sistem pendidikan persekolahan yang telah ada tidak mampu lagi memenuhinya. Maka muncullah berbagai jenis sistem pendidikan non formal yang lahir, baik berupa pendidikan umum, pendidikan ketrampilan maupun pendidikan-pendidikan Islam yang berupa kajian kitab, pengajian agama (majelis ta’lim, kurss-kursus keagamaan dan lain sebagainya Pada penelitian ini peneliti hanya membahas pada salah satu macam dari pendidikan non formal di sebuah lembaga pendidikan Islam yang merupakan suatu lembaga yang mampu menampung berbagai kegiatan pengajian, pembinaan dan pengembangan agama serta kebudayaan yan bersifat non formal. Lembaga ini berupa pusat kegiatan Islam atau di sebut Islamic Center. Keberadaan Islamic Center ini dimaksutkan untuk mengembalikan fungsi masjid sebagaimana masjid pada masa Rasulullah, dimana masjid pada saat itu dipergunakan sebagai pusat pendidikan dan pengajaran, pusat informasi dan diskusi mengenai perang dan damai, tempat penyelesaian perkara dan pertikaian, pusat kegiatan dakwah, ekonomi dan kegiatan sosial politik. Dan peneliti menjadikan Islamic Center Al-Barokah Purwantoro sebagai obyek penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanaatan Islamic Center sebagai sebuah lembaga pendidikan Islam yang efektif, untuk mengetahui program kegiatan Islamic Center dalam peningkatan pendidikan Islam dan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan yang diadakan Islamic Center Al-Barokah Purwantoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sumber data yang di peroleh dari informen, yaitu kepala Islamic Center pengurus dan masyarakat sekitar sedangkan data yang dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi Dari hasil penelitian diketahui bahwa Islamic Center Al-Barokah pada umumnya memiliki fungsi dan program pendidikan yang efektif namun karena keterbatasan sarana dan prasarana ada sebagian fungsi Islamic Center yang tidak terealisasi dengan sempurna. Faktor pendukung Islamic Center dalam peningkatan pendidikan Islam kepada masyarakat adalah adanya komitmen dan semangat yang tinggi dari pihak yayasan dan pengurus Islamic Center serta upaya pendekatan sosial kultural yang dilakukan oleh pengurus Islamic Center kepada masyarakat. Sementra faktor penghambatnya yaitu (1) multi peran pungurus yang menyebabkan kinerja dan konsentrasi kurang maksimal (2) adanya opini-opini negatif dari kalangan yang kurang suka dengan dakwah Islamic Center Al-Baroakah (3) kurangnya sarana dan prasarana yang memadai (4) kurangnya partisipasi dari masyarakat.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Islamic Centre, Pendidikan Islam Non Formal |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 13 Sep 2013 11:12 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 06:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25831 |
Actions (login required)
View Item |