Yulianto, Satria Dwi (2008) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MERK SUZUKI PADA PT. INDOSOLO MOTOR GEMILANG DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
B100040065.pdf Download (173kB) |
|
PDF
B100040065.pdf Restricted to Repository staff only Download (769kB) |
Abstract
Perdagangan sepeda motor pada saat ini mempunyai prospek kedepan yang cukup baik, ini terlihat dari gencarnya persaingan antar produsen sepeda motor dalam menarik minat konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan guna memenuhi kebutuhan akan transportasi. Berdasarkan hal itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh harga, desain, teknologi, kualitas dan promosi terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merk Suzuki dan mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merk Suzuki. Sehingga dari hasil penelitian diharapkan dapat menjadi sumbangan informasi yang berharga bagi produsen maupun dealer sepeda motor Suzuki dalam menjual produknya, serta bagi para konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Untuk mengetahui pengaruh dari harga, desain, teknologi, kualitas dan promosi terhadap keputusan pembelian dilakukan analisis data dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen atau pengguna sepeda motor merk Suzuki yang berada di Surakarta, adapun jumlah sampel penelitian adalah 100 konsumen atau pengguna sepeda motor merk Suzuki dengan menggunakan convinience sampling untuk melakukan pengambilan sampel. Hasil penelitian melalui uji t untuk variabel harga diperoleh nilai thitung = 3,354 > 1,960; sehingga Ho ditolak, artinya harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, untuk variabel desain diperoleh nilai thitung = 8,560 > 1,960; sehingga Ho ditolak, artinya desain berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, untuk variabel teknologi diperoleh nilai thitung = 2,318 > 1,960; sehingga Ho ditolak, artinya teknologi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, untuk variabel kualitas diperoleh nilai thitung = 3,038 > 1,960; sehingga Ho ditolak, artinya kualitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan untuk variabel promosi diperoleh nilai thitung = 2,703 > 1,960; sehingga Ho ditolak, artinya promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 52,534 > 2,29; sehingga Ho ditolak, artinya harga, desain, teknologi, kualitas dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor dan dengan nilai R2 sebesar 0,736; ini menunjukkan bahwa variabel harga, desain, teknologi, kualitas dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 73,6%, sedangkan sisanya sebesar 26,4% keputusan pembelian oleh variabel lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : harga, desain, teknologi, kualitas, promosi, keputusan pembelian. |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 12 Jun 2009 08:21 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 21:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2583 |
Actions (login required)
View Item |