Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Manufaktur (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2008-2010)

Sari, Retno Puspita and , Dra. Rina Trisnawati, Ak, M.Si, Ph.D (2013) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Manufaktur (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2008-2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (187kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (321kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh reputasi auditor, debt default, opini tahun sebelumnya, dan pengaruh ukuran perusahaan terhadap penerimaan opini audit going concern pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan purposive sampling dan memperoleh sampel sebesar 219 sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2008-2010. Metode analisis yang digunakan adalah regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Reputasi auditor, Debt Default, dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern sedangakan opini audit sebelumnya berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Penelitian ini mempunyai keterbatasan yaitu periode pengambilan sampel penelitian hanya 3 tahun sehingga belum optimal untuk melihat kecenderungan pengaruh kondisi keuangan. Proksi yang digunakan untuk variabel Debt Default hanya menggunakan opini audit yang menyatakan ketidakmampuan perusahaan dalam membayar hutang serta bunga perusahaan sampel. Proksi yang digunakan untuk variabel Ukuran Perusahaan hanya menggunakan nilai natural logaritma dari total aktiva perusahaan. Oleh karena itu penelitian selanjutnya disarankan untuk dapat memperluas sampel penelitian, seperti menggunakan semua perusahaan yang ada pada industri jasa, industri perbankan sebagai obyek penelitian, sehinnga jumlah sampel dapat semakin banyak. Pengukuran variabel Debt default sebaiknya menggunakan laporan keuangan dengan mengamati perbandingan total aktiva dengan total kewajibannya. Pengukuran variabel Ukuran Perusahaan sebaiknya menggunakan laporan keuangan dengan mengamati semua kondisi keuangan perusahaan sampel.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Opini Going Concern, Reputasi Auditor, Debt Default, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Ukuran Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Sep 2013 07:10
Last Modified: 17 Nov 2021 03:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25766

Actions (login required)

View Item View Item