Analisis Intellectual Capital, Mekanisme Corporate Governance, Corporate Social Responsibility Terhadap Financial Performance (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan Go publik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011)

Andreawan, Anto and , Dr. Triyono, SE, M.Si (2013) Analisis Intellectual Capital, Mekanisme Corporate Governance, Corporate Social Responsibility Terhadap Financial Performance (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan Go publik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (439kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (178kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab V)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis intellectual capital, mekanisme good corporate governance dan penungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap financial performance pada laporan tahunan di sektor perbankan Indonesia. Penelitian ini merupakan replikasi dan modifikasi dari penelitian Ningrum (2012), Yuniarti (2007) dan Wijayanti dan Sutaryo (2011). Obyek penelitian ini adalah sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan teknik purposive sampling dalam pengumpulan data. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, maka diperoleh sampel sebanyak 48 perusahaan selama tiga tahun periode pengamatan 2009-2011. Sumber data diperoleh melalui website resmi masingmasing bank, ICMD dan website BEI. Metode analisis data digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi berganda dengan program SPSS 16.0 for windows. Penelitian ini telah lulus uji asumsi klasik meliputi uji normalitas data, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil pengujian statistik terhadap kelima variabel independen yang diasumsikan berpengaruh terhadap financial performance, ternyata variabel Intellectual capital (VAICTM) dan kepemilikan institusional (Institutional Ownership) yang terbukti berpengaruh. Dengan demikian, dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah bahwa mekanisme corporate governance (diproksikan dengan kepemilikan manajerial dan proporsi komisaris independen) dan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan tidak memeliki pengaruh terhadap financial performance (ROA), hanya Intellectual Capital dan kepemilikan institusional yang dapat dijadikan indikator peningkatan kinerja keuangan (financial performance).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intellectual Capital, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Proporsi Komisaris Independen, Tangunggjawab Sosial Perusahaan dan kinerja keuangan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Sep 2013 06:55
Last Modified: 17 Nov 2021 03:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25765

Actions (login required)

View Item View Item