Asuhan Keperawatan Keluarga Tn. S dengan Masalah Utama : Gangguan Sistem Endokrin : Diabetes Mellitus Tipe II Khususnya pada Ny. N di Wilayah Kerja Puskesmas Gatak I

Abridin, Imam and , H. M. Abi Muhlisin, S.K.M., M.Kep (2013) Asuhan Keperawatan Keluarga Tn. S dengan Masalah Utama : Gangguan Sistem Endokrin : Diabetes Mellitus Tipe II Khususnya pada Ny. N di Wilayah Kerja Puskesmas Gatak I. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (880kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang :Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit metabolik yang ditandai dengan timbulnya hiperglikemi akibat gangguan sekresi insulin, dan atau peningkatan resistensi insulin seluler terhadap insulin. Hiperglikemia kronik dan gangguan metabolik DM lainnya akan menyebabkan kerusakan jaringan dan organ seperti mata, ginjal, syaraf, dan system vaskuler. Tujuan : penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kontrol gula darah dalam tubuh dengan keseimbangan nutrisi pada DM tipe II. Hubungan lama menderita DM dengan keseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan. Dengan meliputi pengkajian, intervensi, implementasi dan evaluasi keperawatan. Hasil : Pengumpulan data berdasar sumber dari paparan anggota keluarga, status social keluarga, kebiasaan keluarga didapat dalam sebuah keluarga yang mengalami Diabetes Mellitus Tipe II telah lama menderita penyakit tersebut dikarenakan tidak terjaganya asupan nutrisi yang setiap hari dikonsumsi. Maka didapat kesimpulan bahwa harus ada perubahan kebiasaan terurtama pada asupan nutrisi kesehariannya yang di lakukan dalam anggota keluarga untuk dapat mengendalikan DM yang dialami dalam anggota keluarga. Kesimpulan : Sehingga setelah di lakukan pengendalian nutrisi dan perubahan kebiasaan keseharian dalam anggota keluarga selama 1 minggu, didapat anggota keluarga yang menderita DM semakin membaik dengan adanya perubahan kebiasaan. Terjaganya asupan nutrisi yang tepat untuk diet DM tipe II. Semua ini di karenakan adanya asuhan keperawatan keluarga yang di lakukan selama 1 minggu ini. Sehingga keluarga mampu mengetahui apa yang tepat untuk di lakukan kesehariannya tanpa mengurangi aktifitas yang setiap hari klien lakukan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diabetes Mellitus Type II, Family, nutritional intake, agen injury.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan D3
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 11 Sep 2013 11:39
Last Modified: 22 Oct 2021 06:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25746

Actions (login required)

View Item View Item