Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Membayar Pajak Wajib Pajak Pekerja Bebas (Studi Kasus Pada KPP Pratama Boyolali)

Santoso, Dimas Raditya Rachmat and , Dra. Mujiyati, M.Si and , Eny Kusumawati, SE, MM, Ak, CA (2013) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Membayar Pajak Wajib Pajak Pekerja Bebas (Studi Kasus Pada KPP Pratama Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (224kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)

Abstract

Tingkat kesadaran membayar pajak masyarakat Indonesia masih sangat rendah, dibandingkan dengan negara-negara tetangga lainnya seperti negara Malaysia. Pada negeri Jiran tersebut persentase kepatuhan masyarakat yang membayar pajak mencapai 80 persen dibanding dengan Indonesia yang mempunyai persentase hanya 30 persen, dan kesadaran membayar pajak di Malaysia sudah sangat tinggi, karena takut berurusan dengan penegak hukum jika tidak membayar pajak. Tujuan penelitiaan untuk memperoleh bukti mengenai pengaruh pengetahuan dan pemahaman peraturan perpajakan, persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan, kesadaran membayar pajak, pelaksanaan sanksi pajak, dan tingkat penghasilan berpengaruh terhadap kepatuhan membayar pajak wajib pajak pekerja bebas. Alat analisis yang digunakan menggunakan regresi logistik, dan jenis data ini adalah data primer yang bersifat kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat beberapa faktor yang ada pada penelitian yang mempengaruhi kepatuhan membayar pajak antara lain: pengetahuan dan pemahaman akan peraturan perpajakan, persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan, kesadaran membayar pajak, pelaksanaan sanksi pajak, dan tingkat penghasilan, dari hasil penelitian yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak yaitu: pengetahuan dan pemahaman akan peraturan perpajakan, kesadaran membayar pajak, dan tingkat penghasilan, dan yang tidak punya pengaruh signifikan adalah persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan, dan pelaksanaan sanksi pajak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan dan pemahaman pajak, persepsi sistem pajak, kesadaran pajak, tingkat penghasilan, kepatuhan pajak
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Sep 2013 08:29
Last Modified: 17 Nov 2021 02:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25732

Actions (login required)

View Item View Item