Fungsi Bimbingan Konseling Islami Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di Smk Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013

Istiana Rahayu, Dian and , Dra. Chusniatun, M.Ag. and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2013) Fungsi Bimbingan Konseling Islami Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di Smk Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (212kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_BELAKANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (87kB)

Abstract

Bimbingan dan konseling tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan, siswa dalam proses pembelajarannya dan dalam tempatnya belajar akan mengalami banyak kendala dan hambatan baik dari proses adaptasi, perubahan fisik dan rohani siswa, serta pengaruh lingkungan yang bersifat internal maupun eksternal, ketidak siapan siswa terhadap masalah yang dihadapinya cenderung akan mengarahkan siswa dalam perilaku menyimpang seperti penyimpangan dalam perilaku/akhlak siswa serta dalam akademis yang rendah. Fungsi bimbingan dan konseling dalam sebuah lembaga pendidikan sangatlah diperlukan berfungsi dalam mengurangi maupaun menangani permasalahan yang sedang dihadapi oleh siswa, sehingga dengan program dan layanan bimbingan dan konseling perilaku menyimpang dari siswa dapat dihindari dengan memberikan masukan, solusi serta tindakan yang nyata dari bimbingan dan konseling. Skripsi ini membahas bagaimana fungsi bimbingan dan konseling Islami dalam membina akhlak siswa di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta dan apa saja yang menjadi hambatan dalam proses bimbingan dan konseling Islami. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagaimana telah dipaparkan dalam rumusan masalah yaitu untuk mengetahui bagaimana fungsi bimbingan dan konseling Islami dalam pembinaan akhlak siswa di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah wawancara, pengamatan/observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Sedangkan yang dijadikan subyek penelitian adalah guru bimbingan konseling, wali kelas, kepala sekolah, dan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah fungsi bimbingan konseling Islami dalam pembinaan akhlak siswa di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta sudah sesuai dan berfungsi positif, baik dalan fungsi kuratif, Prefentif, preserfatif. Dan dalam penangani siswa yang bermasalah serta membina akhlak siswa yaitu pembinaan akhlak siswa yang ditekankan pada kedisiplinan mematuhi tatatertib serta memberikan contoh, pemberian nasihatserta membiasakan perilaku akhlakul karimah di lingkungan sekolah dan mengadakan kegiatan – kegiatan ekstrakulikuler bagi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fungsi, Bimbingan konseling Islami, Akhlak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2013 07:09
Last Modified: 29 Oct 2021 06:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25722

Actions (login required)

View Item View Item