Tinjauan Hukum Islam Terhadap Mekanisme Pengelolaan Zakat Amwal(Studi Kasus Pada Bapelurzam Cabang Rowosari Daerah Kendal)

Jamil, Arif Rahmatullah and , M. Muhtartom, S.H., M.H. and , Drs. Syarafudin HZ, M.Ag. (2013) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Mekanisme Pengelolaan Zakat Amwal(Studi Kasus Pada Bapelurzam Cabang Rowosari Daerah Kendal). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Badan Pelaksana Urusan Zakat Muhammadiyah (BAPELURZAM) Cabang Rowosari adalah Lembaga Amil Zakat atau Lembaga Filantropi Islam yang berdiri sekitar tahun 1979 yang dipelopori oleh Abdul Barie Shoim. Badan amil ini mendeklarasikan diri sebagai amil yang mengelola zakat amwal bukan zakat mal saja. Dengan menggunakan konsep zakat amwal yaitu lebih diarahkan pada zakat harta terpadu atau zakat pada harta kekayaan secara menyeluruh. Pengelolaan zakat di Bapelurzam Cabang Rowosari Daerah Kendal Meliputi tiga pokok kegiatan yaitu pengumpulan, penyimpanan dan pendistribusian zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap pengelolaan zakat amwal di Badan Pelaksana Urusan Zakat Muhammadiyah Cabang Rowosari Daerah Kendal yang meliputi pengumpulan, penyimpanan dan pendistribusianya. Jenis penelitian ini adalah riset lapangan atau field research yaitu penelitian yang didasarkan pada BAPELURZAM Cabang Rowosari Daerah Kendal guna mendapatkan data-data yang nyata dan benar. Adapun metode dalam pengumpulan data yang dibutuhkan untuk penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan Memperhatikan latar belakang masalah, maka yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pengelolaan zakat amwal di BAPELURZAM Cabang Rowosari Daerah Kendal telah sesuai dengan Hukum Islam. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengelolaan Zakat Amwal di BAPELURZAM Cabang Rowosari Daerah Kendal bila ditinjau dari hukum Islam adalah 1) Mekanisme pengumpulan zakat amwal sesuai dengan Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 103 dan Hadist Nabi dari Ibnu Abbas r.a yaitu saat diutusnya Mu’adz r.a untuk mengambil zakat dari orang-orang kaya dan untuk dibagikan kepada orang-orang miskin ketika Nabi mengutusnya ke yaman untuk menjadi Qadhi. 2) Penyimpanan zakat diserahkan pada BMT Mu’amalah Rowosari yang tidak menggunakan sistem riba’. 3) Pendistribusian hasil zakat ditujukan untuk delapan ashnaf sesuai dengan QS. 9: 60. Maka pengelolaan zakat amwal yang dilaksanakan di Badan Pelaksana Urusan Zakat Muhammadiyah (BAPELURZAM) Cabang Rowosari Daerah Kendal telah sesuai dengan syari’at Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: zakat, amwal, hukum Islam
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BL Religion
B Philosophy (General); Religion > BP Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2013 06:02
Last Modified: 02 Dec 2022 03:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25714

Actions (login required)

View Item View Item