Analisis Kinerja Sosial Perbankan Syariah Di Indonesia (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri, Bank Mega Syariah, dan Muamalat Indonesia)

Virgowati, Virgowati and , Muhammad Sholahuddin, S.E. M.Si. (2013) Analisis Kinerja Sosial Perbankan Syariah Di Indonesia (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri, Bank Mega Syariah, dan Muamalat Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (362kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.__Halaman_Depan.pdf

Download (551kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (207kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi informasi-informasi apa saja terkait dengan Bank Syariah Mandiri, Bank Mega Syariah dan Bank Muamalat Indonesia dalam Islamic Sosial Resporting Index tahun 2011–2012; 2) menganalisis kinerja sosial Bank Syariah Mandiri, Bank Mega Syariah dan Bank Muamalat Indonesia dalam Islamic Sosial Resporting Index tahun 2011–2012; dan 3) mendeskripsikan perbedaan tingkat kinerja sosial Bank Syariah Mandiri, Bank Mega Syariah dan Bank Muamalat Indonesia dalam Islamic Sosial Resporting Index tahun 2011-2012. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan sebagai catatan/koreksi untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya, sekaligus memperbaiki apabila ada kelemahan dan kekurangan dalam Bank Syariah di Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitihan deskriptif komparatif. Analisis kinerja social dilakukan dengan menggunakan analisis rasio dan tabel dalam Islamic Sosial Resporting(ISR). Penelitian tentang perbedaan kinerja sosial perbankan syariah di Indonesia dengan alat analisis One Way Anova. Untuk menganalisis tingkat kesesuaian Corporate Social Responsibility (CSR) perbankan syariah dengan Analisi kinerja sosial bank Syariah dalam Islamic Social Reporting Index. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Informasi yang diungkapkan Bank Syariah Mandiri, Bank Mega Syariah, Bank Muamalat Indonesia dalam Islamic Sosial Resporting Index bahwa secara keseluruhan tidak ada bank syariah di Indonesia dari ketiga objek tersebut yang melaksanakan aktivitas sosialnya secara sempurna (100%) berdasarkan model Indeks ISR; 2) kinerja sosial bank syariah di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun 2011- 2012. Pada Bank Syariah Mandiri (BSM) tingkat kinerja sosial pada tahun 2011 adalah sebesar 81,58%; kemudian mengalami peningkatan menjadi 84,21% pada tahun 2012. Tingkat kinerja sosial pada Bank Mega Syariah (BMS) tahun 2011 adalah sebesar 76,32%; kemudian mengalami peningkatan menjadi 78,95% pada tahun 2012. Tingkat kinerja sosial pada Bank Muamalat Indonesia (BMI) tahun 2011 adalah sebesar 86,84%; kemudian mengalami peningkatan menjadi 89,47% pada tahun 2012; 3) perbandingan tingkat kinerja sosial Bank Syariah di Indonesia diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan atas analisis kinerja sosial Bank Syariah Mandiri, Bank Mega Syariah dan Bank Muamalat Indonesia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Islamic Social Reporting, kinerja, CSR, tanggung jawab
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Sep 2013 11:00
Last Modified: 21 Oct 2021 00:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25638

Actions (login required)

View Item View Item