Pelaksanaan Penyelesaian Wanprestasi Dalam Perjanjian Kredit Dengan Jaminan Hak Tanggungan (Study Kasus Di Bpr Bank Boyolali)

Putra Dheka, Angky and , Septarina Budiwati, S.H, M.H.,C.N and , Inayah, S.H, M.H (2013) Pelaksanaan Penyelesaian Wanprestasi Dalam Perjanjian Kredit Dengan Jaminan Hak Tanggungan (Study Kasus Di Bpr Bank Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI_FINAL.pdf

Download (356kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
02._BAB_I.pdf

Download (285kB)
[img] PDF (BAB II)
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (BAB III)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (BAB IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
06._DAFTAR_PUSTAKA_FINAL_ANGKY_pdf.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
07._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui isi dan pelaksanaan pemberian kredit dengan jaminan Hak Tanggungan di PD. BPR Bank Boyolali. 2) Untuk mengetahui penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian kredit dengan jaminan Hak Tanggungan di PD. BPR Bank Boyolali. 3) Untuk mengetahui permasalahan apa saja yang timbul dalam pelaksanaan wanprestasi dalam perjanjian kredit dengan jaminan Hak Tanggungan di PD. BPR Bank Boyolali. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis empiris, spesifikasi yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif. Jenis data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh melalui wawancara. Data sekunder berupa bentuk isi perjanjian kredit dengan jaminan Hak Tanggungan di PD BPR Bank Boyolali dan Undang-Undang yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Teknik analisi data menggunakan analisi kualitatif, yaitu data yang diperoleh kemudian disusun secara sistematis selanjutnya dianalisis secara kualitatif untuk mencapai kejelasan masalah yang akan dibahas dan hasilnya tersebut dituangkan dalam bentuk skripsi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Pelaksanaan pemberian kredit dengan jaminan Hak Tanggungan di PD. BPR Bank Boyolali dilakukan dengan pengikatan Hak Tanggungan melalui Surat Keterangan Pembebanan Hak Tanggungan (SKMHT). 2) Penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian kredit dengan jaminan Hak Tanggungan di PD. BPR Bank Boyolali sesuai dalam Undang-Undang No.4 Tahun 1996, pasal 6 UUHT No.4 Tahun 1996 melalui pelelangan umum tanpa memerlukan persetujuan lagi pemberi hak tanggungan. 3) Permasalahan yang timbul dalam penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian kredit dengan jaminan hak tanggungan antara lain disebabkan karena pihak PD BPR Bank Boyolali kesulitan melakukan pengawasan secara langsung kepada debitur atas kredit yang dicairkan oleh debitur, dan pihak debitur mempersulit untuk menyerahkan barang jaminanya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2013 07:16
Last Modified: 01 Nov 2021 05:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25574

Actions (login required)

View Item View Item