Analisa Pengaruh Pemberian Kredit Terhadap Peningkatan Pendapatan Pengusaha Mikro Di Surakarta (Pada Koperasi Simpan Pinjam Lumbung Artha)

Isnaini, Hanifah and , Dra. Chuzaimah, M.M. (2013) Analisa Pengaruh Pemberian Kredit Terhadap Peningkatan Pendapatan Pengusaha Mikro Di Surakarta (Pada Koperasi Simpan Pinjam Lumbung Artha). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pemberian kredit yang diberikan terhadap pendapatan bagi pengusaha mikro di Surakarta pada Koperasi simpan pinjam Lumbung Artha. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat dapat memberi sumbangan pemikiran sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan dalam meningkatkan mutu pelayanan, memberikan kredit kepada pengusaha mikro, dan dapat meningkatkan mutu perusahaan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier dengan uji t dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah para pengusaha mikro di Surakarta. Metode dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Adapun sampel yang diambil adalah 50 pengusaha mikro. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Persamaan Regresi Y = 3,197 + 0,732 X1. Berdasarkan persamaan regresi di atas, nilai konstan untuk persamaan regresi adalah 3,197 dengan parameter positif. Hal ini berarti bahwa tanpa adanya pemberian kredit, maka pengusaha mikro di Surakarta mesih mengalami peningkatan pendapatan. Besar nilai koefisien regresi untuk pemberian kredit adalah 0,732 dengan parameter positif. Hal ini berarti bahwa setiap terjadi peningkatan pada pemberian kredit sebesar 1 satuan; maka pendapatan pengusaha mikri di Surakarta akan mengalami peningkatan sebesar 0,732 satuan. Pemberian kredit berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan pengusaha mikro di Surakarta. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 5,682. Oleh karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (5,682 > 2,011) dengan probabilitas 0,000 < 0,05; maka H0 ditolak berarti H1 diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kredit, pendapatan, pengusaha mikro
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 04 Sep 2013 12:46
Last Modified: 20 Oct 2021 23:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25561

Actions (login required)

View Item View Item