DESIKA ,ERDEKAWATI, AGUSTINA and , Rini Kuswati, S.E., M.Si. (2013) Pengaruh Penggunaan Selebriti Endorser Terhadap Citra Merek Sabun Lux (Studi Pada Iklan Televisi Sabun Lux). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (619kB) |
|
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BAB I)
04._BAB_1.pdf Download (36kB) |
|
PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan selebriti endorser terhadap citra merek produk sabun Lux pada pemirsa televisi di Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam rangka pemilihan endorser personality yang tepat, sehingga dapat mempengaruhi pembentukan citra merek. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2) sebagai alat analisis data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemirsa televisi yang pernah menyaksikan iklan sabun Lux di televisi dengan bintang artis Atiqah Hasiholan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 mahasiswa Jurusan Manajemen, Akuntansi, Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan purposive sampling dan convenience sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Hasil perhitungan secara parsial menunjukkan bahwa diantara variabel pada endorser selebriti diketahui bahwa kredibilitas selebriti, daya tarik selebriti dan dampak kepopuleran selebriti berpengaruh secara signifikan terhadap citra merek Sabun Lux, sementara untuk variabel kesesuaian selebriti dengan merek dan kesesuaian selebriti dengan penonton tidak berpengaruh signifikan terhadap citra merek Sabun Lux. Sehingga H1 yang menyatakan bahwa penggunaan selebriti endorser mempunyai pengaruh secara parsial terhadap citra merek Sabun Lux di Surakarta dapat diterima. Hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 49,467 > 2,29 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak berarti menerima Ha, hal ini berarti bahwa endorser selebriti secara simultan berpengaruh signifikan terhadap citra merek Sabun Lux. Sehingga H2 yang menyatakan bahwa penggunaan selebriti endorser mempunyai pengaruh secara simultan terhadap citra merek Sabun Lux di Surakarta dapat diterima. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa dampak kepopuleran selebriti mempunyai nilai koefieisen beta sebesar 0,340 yang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel yang lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa dampak kepopuleran selebriti paling dominan berpengaruh terhadap citra merek Sabun Lux. Sehingga H3 yang menyatakan bahwa kredibilitas selebriti mempunyai pengaruh yang dominan terhadap citra merek Sabun Lux di Surakarta ditolak kebenarannya
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : kredibilitas selebriti, daya tarik selebriti, dampak kepopuleran selebriti, kesesuaian selebriti dengan merek, kesesuaian selebriti dengan penonton, citra merek |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) H Social Sciences > HG Finance H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 04 Sep 2013 10:27 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 22:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25532 |
Actions (login required)
View Item |