Study Komparatif Penerapan Akuntansi Zakat Pada Lazis Universitas Muhammadiyah Surakarta Dan Baitul Maal Gozis Di Sleman

Khoirunnisa', Umi and , M. Muhtartom, S.H., M.H. and , Supawi Pawenang, S.E, M.M (2013) Study Komparatif Penerapan Akuntansi Zakat Pada Lazis Universitas Muhammadiyah Surakarta Dan Baitul Maal Gozis Di Sleman. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (630kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
3.BAB_I.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (BAB II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (BAB III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (BAB IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (BAB V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (190kB)

Abstract

Kemunculan lembaga keuangan islam khususnya lembaga pengelolaan zakat sebagai organisasi yang relatif baru menimbulkan tantangan besar, para pakar syari’ah Islam dan akuntansi harus mencari dasar bagi penerapan dan pengembangan standar akuntansi yang berbeda dengan standar akuntansi bank dan lembaga keuangan konvensional seperti yang telah dikenal selama ini. Standar akuntansi tersebut menjadi kunci sukses lembaga pengelolaan zakat dalam melayani masyarakat di sekitarnya sehingga, seperti lazimnya, harus menyajikan informasi yang cukup, dapat dipercaya, dan releven bagi para penggunanya, namun tetap dalam konteks syariah Islam. Akuntanbilitas organisasi pengelola zakat ditunjukkan dengan laporan keuangan serta audit terhadap laporan keuangan tersebut. Untuk bisa disahkan sebagai organisasi resmi, lembaga zakat harus menggunakan sistem pembukuan yang benar dan siap diaudit publik. Ini artinya standar akuntansi zakat mutlak diperlukan. Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang study komparatif penerapan akuntansi zakat pada lembaga amil zakat dan shadaqah Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Baitul Maal Gozis di Sleman dan bertujuan untuk menjelaskan, membandingkan aplikasi yang digunakan oleh kedua lembaga tersebut. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research) yang bersifat ilmiyah dan objektif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan, Pengelola LAZIS UMS dan Baitul Maal Gozis di Sleman ditambah dengan buku-buku penunjang lainnya yang berkaitan dengan masalah penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan metode dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Dalam Penghimpunan, pengelolaan, pendistribusian zakat pada LAZIS UMS dan Baitul Maal Gozis memiliki kesamaan dan perbedaan dalam sistem penerapan akuntansi yang digunakan, serta masih bersifat standar namun dalam perhitungan transaksi zakat sudah menggunakan rumus perhitungan yang sesuai dengan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: zakat, akuntansi, Lazis UMS, GOZIS di Sleman
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BA Islam > BA12 Hukum Ekonomi Islam
B Philosophy (General); Religion > BL Religion
B Philosophy (General); Religion > BP Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 10:26
Last Modified: 02 Dec 2022 03:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25505

Actions (login required)

View Item View Item