Purnamasari, Indah and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2013) Pengaruh Simulasi Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Pramuka Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di SMP Negeri 3 Mojolaban Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (634kB) |
|
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (555kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (223kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Siswa merupakan salah satu aset bangsa yang rentan terhadap bencana. Oleh karena itu, siswa harus memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di lingkungan tempat tinggal mereka termasuk Sekolah. Simulasi bisa dikatakan sebagai bentuk kegiatan pembelajaran berbasis kebencanaan yang dapat meningkatkan kesiapsiagaan siswa menghadapi bencana. Namun demikian, berdasarkan pengalaman di SMP Negeri 3 Mojolaban, menunjukkan bahwa belum ada bentuk pembelajaran berbasis kebencanaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kerentanan sosial, ekonomi, dan lingkungan Sekolah terhadap banjir dan tingkat kesiapsiagaan siswa melalui kegiatan pembelajaran simulasi bencana banjir. Objek penelitian ini adalah simulasi bencana banjir. Data yang diperoleh berupa hasil kuesioner yang memuat sepuluh indikator kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Kuesioner kesiapsiagaan diberikan sebelum dan sesudah kegiatan simulasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif.Hasil penelitian ini menunjikkan bahwa: 1) Melalui perhitungan parameter kerentana banjir dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan tingkat kerentanan sosial, ekonomi, dah lingkungan adalah rendah. 2) Kegiatan simulasi dapat meningkatkan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana banjir. Nilai indeks kesiapsiagaan sebelum simulasi adalah 68 dan nilai indeks setelah simulasi adaah 80.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Simulasi, Kesiapsiagaan, Bencana, Banjir |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 03 Sep 2013 07:17 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 02:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25480 |
Actions (login required)
View Item |