Penggunaan Metode Pembelajaran Game Dan Puzzle Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Menentukan Jaring-Jaring Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN 1 Rawoh 2012/2013

Wuryani, Suci and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Penggunaan Metode Pembelajaran Game Dan Puzzle Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Menentukan Jaring-Jaring Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN 1 Rawoh 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (PUBLIKASI ILMIAH)
09_Publikasi_ilmiah.pdf

Download (681kB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
01_Halaman_Depan.pdf

Download (870kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
02_BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (BAB II)
03_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (BAB III)
04_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (BAB IV)
05_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (BAB V)
06_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
07_Daftar_Pustak1.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
08_Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan di kelas V SDN 1 Rawoh kecamatan Karangrayung kabupaten Grobogan menunjukkan adanya permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran. Masalah yang muncul tersebut diantaranya bahwa siswa pada saat pembelajaran masih pasif, tidak semangat, mengantuk, dan tidak konsentrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar matematika melalui penggunaan metode pembelajaran game puzzle dengan pemanfaatan alat peraga kotak bekas pada siswa kelas V SD Negeri 1 Rawoh kecamatan Karangrayung kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Rawoh. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data digunakan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Teknik deskriptif komparatif digunakan untuk data motivasi belajar dengan membandingkan hasil per siklus dengan indikator kinerja motivasi belajar per siklus, sedangkan teknik analisis kritis digunakan untuk menganalisis data pembelajaran menggunakan metode game puzzle dan mengungkapkan kelemahan dan kelebihan pelaksanaan tindakan dan hasil tersebut digunakan untuk dasar tindakan berikutnya. Pada pelaksanaan siklus I tingkat motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Rawoh mencapai 60.41% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85.41%. Jadi ada peningkatan sebanyak 25%. Nilai rata-rata hasil evaluasi belajar matematika Siklus I adalah 75.3 sedangkan siklus II adalah 82.7. Dari data tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode pembelajaran game puzzle dengan pemanfaatan alat peraga kotak bekas dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Rawoh kecamatan Karangrayung kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran game puzzle, alat peraga kotak bekas,motivasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2013 10:18
Last Modified: 26 Oct 2021 04:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25432

Actions (login required)

View Item View Item