Perbandingan Core Stability Exercise Dan Electrical Myostimulation Terhadap Penurunan Nyeri Punggung Bawah Pada Klub Pesepeda Cinet Community Karanganyar

Pratiwi, Khusnul Kotimah Eny and , Totok Budi Santoso , S.Fis , MPH and , Wahyuni, SSt.FT.M.Kes (2013) Perbandingan Core Stability Exercise Dan Electrical Myostimulation Terhadap Penurunan Nyeri Punggung Bawah Pada Klub Pesepeda Cinet Community Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (632kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (318kB)

Abstract

Nyeri punggung menurut Clarsen dkk (2010) meupakan penyakit yang sering di alami oleh pembalap sepeda, dalam penelitiannya 45% pembalap sepeda profesional mengalami gangguan nyeri punggung bawah dan 20% mengurangi aktivitas bersepeda untuk memulihkan kondisi nyeri punggung bawahnya. Pengurangan nyeri dapat dilakukan dengan berbagai modalitas fisioterapi seperti terapi termal (MWD, SWD, US Kontinyu, Infra merah, dll), terapi latihan, pemijatan, terapi manipulasi maupun Electrical Myo Stimulation (EMS). Tetapi salah satu bagian yang terpenting adalah program preventif atau menjaga agar kondisi LBP tidak terjadi, salah satu program preventif adalah dengan memberikan edukasi berupa core stability exercise. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen, dengan pendekatan Quasi Experimental Design pre and post test with control group design.dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden dengan metode pengambilan purposive sampling diklub pesepeda Cinet Comunity Karanganyar. Uji normalitas Shapiro-Wilk untuk pengukuran nyeri mendapatkan hasil p > 0,05 yang berarti distribusi data normal, maka di uji analisis data menggunakan Paired Sampel t test. Dari hasil uji tersebut menunjukkan adanya hubungan antara core stability exercise dengan penurunan nyeri, sedangkan pada EMS mendapatkan hasil bahwa tidak terdapat pengaruh dengan penurunan nyeri. Pada uji beda pengaruh mendapatkan hasil bahwa core stability exercise lebih berpengaruh terhadap peningkatan penurunan nyeri. Diharapkan akan adanya penelitian selanjutnya dengan menambah jumlah variabel yang diteliti guna memperluas penelitian yang akan dating.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Core stability exercise, Electrical Myo Stimulation (EMS), nyeri
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2013 10:10
Last Modified: 26 Apr 2016 08:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25431

Actions (login required)

View Item View Item