Penggunaan Media Garis Bilangan Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri 1 Ringinpitu Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013

Wahyudi, Tri and , Drs. M. Yahya, M.Si (2013) Penggunaan Media Garis Bilangan Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri 1 Ringinpitu Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (515kB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04_BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (BAB II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (BAB III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (BAB IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] PDF (BAB V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika menentukan bilangan bulat melalui media garis bilangan di kelas IV SD Negeri 1 Ringinpitu. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa IV SD Negeri 1 Ringinpitu yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan menerapkan media garis bilangan. Indikator kinerja dalam penelitian ini diharapkan kreativitas belajar siswa dalam mementukan bilangan bulat melalui penggunaan media garis bilangan pada siswa kelas IV semester II SDN 1 Ringinpitu Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat meningkat minimal 75% dari jumlah keseluruhan 19 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media garis bilangan dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa mata pelajaran matematika menentukan bilangan bulat hingga sebanyak 93%. Kinerja guru dalam menerapkan media garis bilangan meningkat pada setiap siklusnya, pada siklus I kinerja guru menc apai 62,5%. pada siklus II kinerja guru meningkat menjadi 91,7%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media garis bilangan dapat meningkatkan kreativitas belajar Matematika materi bilangan bulat pada siswa kelas IV semester II SDN 1 Ringinpitu tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Belajar, Media Garis Bilangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2013 10:07
Last Modified: 26 Oct 2021 04:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25429

Actions (login required)

View Item View Item