Peningkatan Motivasi Belajar IPA Tentang Perubahan Kenampakan Bumi Dan Langit Melalui Media LCD Proyektor Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 2 Brabo Tahun Pelajaran 2012/2013

Yodha Wiranata, Tutut and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Peningkatan Motivasi Belajar IPA Tentang Perubahan Kenampakan Bumi Dan Langit Melalui Media LCD Proyektor Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 2 Brabo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (263kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (329kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)

Abstract

Salah satu faktor yang mempunyai pengaruh cukup besar dalam pencapaian hasil belajar adalah media pembelajaran yang digunakan saat proses belajar mengajar berlangsung. Penggunaan media LCD Proyektor adalah alat yang modern, sehingga dapat lebih menarik dan nyata dalam pembelajaran IPA sesuai dengan karakteristik siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam pembelajaran IPA adalah melalui media LCD Proyektor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan Motivasi siswa dalam proses pembelajaran IPA kelas IV melalui media LCD Proyektor. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Brabo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Brabo yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam II siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada siklus I dan II diperoleh persentase motivasi siswa mengalami peningkatan hanya pada tahap siklus ke II, pada siklus I persentase motivasi siswa 43.33% kategori kurang (K), pada siklus II siswa meningkat dengan sangat derastis menjadi 85% dengan kategori sangat baik (SB). Dengan persentase ketuntasan 85% dengan kategori sangat baik (SB). Sehingga pada siklus II sudah dapat tercapai.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui media LCD Proyektor dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Media LCD Proyektor

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Media LCD Proyektor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2013 05:14
Last Modified: 26 Oct 2021 04:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25425

Actions (login required)

View Item View Item