Pengaruh Latihan Isotonik Dan Isokinetik Otot Gastrocnemius Terhadap Kelincahan Kaki Pemain Bola Basket Siswa Kelas I SMUN I Gondangrejo Karanganyar

Heruning S., Lila and , Dwi Rosella K, S.St FT., M.Fis and , Umi Budi Rahayu, SSt. Ft. SPd. M. Kes (2013) Pengaruh Latihan Isotonik Dan Isokinetik Otot Gastrocnemius Terhadap Kelincahan Kaki Pemain Bola Basket Siswa Kelas I SMUN I Gondangrejo Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (320kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (460kB)

Abstract

Untuk meraih kemenangan dalam bola basket, pemain bola basket tidak hanya membutuhkan kemampuan dalam teknik tetapi juga harus didukung oleh kecepatan, kelincahan dan daya tahan tubuh, Menurut Sudjarwo (1991) kelincahan adalah merupakan kemampuan merubah arah dan posisi dengan situasi yang di hadapi. kontraksi isotonik, yaitu suatu kontraksi di mana otot bekerja mengalami pemendekan dari panjang asal. Pada proses pemendekan, kecepatan tidak konstan dengan menanggung beban yang besarnya tidak proporsional dengan kekuatannya.Latihan isokinetik adalah pola latihan yang mengikuti kaidah kontraksi isokinetik, yakni suatu kontraksi dimana otot bekerja dengan kecepatan konstan dengan menanggung beban yang besarnya secara proporsional dengan kekuatannya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen, dengan pendekatan Quasi Experimental Design two groups pre and post test design. dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden dengan metode pengambilan purposive sampling dari murid ekstrakulikuler bola basket SMA Negeri 1 Gondang Rejo Karanganyar. Uji normalitas Shapiro-Wilk untuk pengukuran kelincahan dengan Agility T test mendapatkan hasil p > 0,05 yang berarti distribusi data normal, maka di uji analisis data menggunakan Paired Sampel t test. Dari hasil uji tersebut menunjukkan adanya hubungan antara latihan isotonik dan isokinetik dengan peningkatan kelincahan. Pada uji beda pengaruh mendapatkan hasil bahwa latihan isokinetiklebih berpengaruh terhadap peningkatan kelincahan. Diharapkan akan adanya penelitian selanjutnya dengan menambah jumlah variabel yang diteliti guna memperluas penelitian yang akan datang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Latihan Isotonik, Latihan Isokinetik, Kelincahan
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2013 07:30
Last Modified: 26 Apr 2016 07:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25405

Actions (login required)

View Item View Item