Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Kompetensi Guru TK Di Kecamatan Laweyan

Astuti, Samsiana Yuni and , Dra. Wiwien Dinar Prastiti, M.Si. (2013) Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Kompetensi Guru TK Di Kecamatan Laweyan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._Bab_I.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Bab II)
05._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab III)
06._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab V)
08._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf

Download (545kB)

Abstract

Guru merupakan bagian yang penting dalam dunia pendidikan. Guru adalah sosok seorang figur pemimpin, seorang arsitektur yang dapat membentuk jiwa dan watak serta membangun kepribadian dari anak didik menjadi seorang yang berguna bagi nusa, bangsa, dan juga agama. guru TK yang profesional diharapkan memahami dan menguasai kompetensi yang menjadi tuntutan profesi yang dijalaninya, sehingga dengan kompetensi yang baik maka seorang guru terutama guru TK dapat memenuhi dan melaksanakan segala tugas dan tanggung jawabnya secara optimal. Kompetensi guru akan terbentuk dengan maksimal jika didukung oleh kecerdasan emosi yang baik pula sehingga tujuan dari pendidikan yang diharapkan dapat tercapai. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan kompetensi pada guru TK. Hipotesis yang diajukan penulis adalah ada hubungan positif antara kecerdasan emosi dengan kompetensi guru TK di Kecamatan Laweyan. Subjek penelitian adalah guru TK yang ada di Kecamatan Laweyan yang memiliki ciri-ciri atau kriteria yang telah ditetapkan oleh penulis. Subjek penelitian ini berjumlah 71 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive non random sampling. Metode penelitian adalah kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada koefisien korelasi antara kecerdasan emosi dengan kompetensi guru TK di Kecamatan Laweyan yang ditunjukan dengan (r) sebesar 0,752 dengan nilai Sig. 0,000(p<0,01). Sumbangan efektif kecerdasan emosi terhadap kompetensi guru sebesar 56,5%, dan sisanya 43,5%. Hasil analisis kategorisasi diketahui bahwa variabel kecerdasan emosi memiliki rerata empirik sebesar 148,3 dan rerata hipotetik sebesar 115 yang berarti tergolong tinggi. Pada variabel kompetensi guru didapatkan hasil rerata empirik sebesar 184,7 dan rerata hipotetik sebesar 137,5 yang berarti tergolong tinggi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosi dengan kompetensi guru TK di Kecamatan Laweyan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosi, kompetensi guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2013 08:21
Last Modified: 26 Oct 2021 06:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25358

Actions (login required)

View Item View Item