Peningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Permainan Kartu Pintar Pada Anak Kelompok B Di TK Miftahul Ulum Krompakan Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Ambarwati, Retno and , Aryati Prasetyarini, M.Pd. and , Sri Slamet, S.Pd., M.Hum. (2013) Peningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Permainan Kartu Pintar Pada Anak Kelompok B Di TK Miftahul Ulum Krompakan Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (620kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (386kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui permainan kartu pintar pada anak kelompok B TK Miftahul Ulum Krompakan Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak–anak TK kelompok B TK Miftahul Ulum Krompakan Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif jenis interaktif dan komparasi hasil observasi antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca melalui penggunaan permainan kartu pintar dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase membaca dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II. Sebelum tindakan rata-rata kemampuan membaca anak hanya sebesar 45,7%, kemudian setelah siklus I kemampuan membaca meningkat menjadi 60,5% setelah siklus II mencapai 82,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa permainan kartu pintar merupakan media yang efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini. Kartu pintar merangsang anak untuk berpikir kreatif, perhatian anak terhadap proses pembelajaran makin panjang, anak mampu mengorganisasikan kemampuan diri atau melatih kepercayaan diri pada anak, merangsang imajinasi anak, dan menambah perbendaharaan kata.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Permainan Kartu Pintar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2013 10:15
Last Modified: 25 Oct 2021 04:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25335

Actions (login required)

View Item View Item