Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) (PTK pada Siswa Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2012/2013)

Jayanti, Dessy Dwi and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) (PTK pada Siswa Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (710kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (674kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika dengan menerapkan strategi TAI (Team Assisted Individualization). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Subah yang berjumlah 35 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dan hasil belajar matematika melalui strategi TAI. Peningkatan ini dapat dilihat dari indikatorindikator, yaitu : 1) siswa menyatakan ulang suatu konsep sebelum tindakan 42,86% dan di akhir tindakan menjadi 91,43%, 2) siswa menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu sebelum tindakan 37,14% dan di akhir tindakan menjadi 80%, 3) siswa mengaplikasikan konsep dan algoritma pemecahan masalah sebelum tindakan 31,43% dan di akhir tindakan menjadi 71,43%. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat terlihat dari siswa yang mendapatkan nilai memenuhi KKM  70 sebelum tindakan sebanyak 13 siswa (37,14%) dan setelah tindakan sebanyak 30 siswa (85,71%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi TAI dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi TAI, pemahaman konsep, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 08:23
Last Modified: 02 Nov 2021 23:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25285

Actions (login required)

View Item View Item