ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEBIJAKAN PEMBAYARAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DAN PERUSAHAAN PERDAGANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

NUHA, NUHA (2008) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEBIJAKAN PEMBAYARAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DAN PERUSAHAAN PERDAGANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200040022.pdf

Download (85kB)
[img] PDF
B200040022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)

Abstract

Tujuan utama investor dalam investasinya adalah untuk mencari pendapatan atau tingkat kembalian investasi (return) baik berupa pendapatan dividen maupun pendapatan dari selisih harga jual saham terhadap harga beli (capital gain). Pembagian dividen sebagian besar dipengaruhi oleh perilaku investor yang lebih memilih dividen tinggi yang mengakibatkan retained earning menjadi rendah. Investor yang memilih dividen sebagai return, cenderung menginginkan pembagian dividen yang relatif stabil, karena akan mengurangi ketidakpastian investor yang telah menanamkan dananya pada perusahaan. Penelitian ini menguji pengaruh investasi, likuiditas, profitabilitas, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, dan financial leverage terhadap kebijakan dividen secara parsial dan serempak. Penelitian ini akan mengambil populasi perusahaan yang listed di Bursa Efek Indonesia. Untuk pengambilan sampel akan dilakukan dengan purposive sampling method yang artinya sampel dipilih dengan kriteria tertentu sesuai tujuan penelitian. Sampel yang diambil untuk kepentingan penelitian ini berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebanyak 38 perusahaan, dengan periode pengamatan selama empat tahun yaitu tahun 2003-2006, sehingga jumlah observasi menjadi 152 (pooled time series). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya ROE (Return On Equity) dan Ln Total Assets berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Rasio pada level 5%, sedangkan variabel yang lainnya tidak berpengaruh secara signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: financial leverage, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, investasi, likuiditas, profitabilitas, kebijakan dividen
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 12 Jun 2009 02:39
Last Modified: 16 Nov 2010 22:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2523

Actions (login required)

View Item View Item