Kalbu, Hikmah Turidaning and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Zat Adiktif Dan Psikotropika Pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 4 Mojosongo Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (27MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (806kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada materi zat adiktif dan psikotropika kelas VIII F SMP Negeri 4 Mojosongo Boyolali TahunAjaran 2012/2013 dengan menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan kegiatan masing-masing yaitu dialog awal, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data secaradeskriptifkualitatifmeliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian siklus I diperoleh hasil yaitu nilai kognitif rata-rata 68,26 naik sebanyak 22,69 point dari nilai awal (45,58) dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 9 siswa (34,6%). Untuk nilai afektif siklus I yaitu rata-ratanya 6,38 dengan kriteria berminat. Padasiklus II rata-rata nilai kognitif adalah 82,30 meningkat 14,04 point dari nilai siklus I dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 22 siswa (84,61%) sedangkan nilai rata-rata afektif siklus II adalah 8,77 dengan kriteria sangat berminat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar biologi materi zat adiktif dan psikotropikasiswa kelas VIII F SMP Negeri 4 Mojosongo BoyolaliTahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | crossword puzzle, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 03 Aug 2013 06:47 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 15:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25221 |
Actions (login required)
View Item |