HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PERHATIAN ORAGTUA DENGAN MOTIVASI BERSEKOLAH PADA ANAK JALANAN

Kusumawati , Arti (2008) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PERHATIAN ORAGTUA DENGAN MOTIVASI BERSEKOLAH PADA ANAK JALANAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040095.pdf

Download (75kB)
[img] PDF
F100040095.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)

Abstract

Adanya perhatian dari orangtua menjadi pendorong bagi anak untuk sekolah. Jika orangtua selalu memberi perhatian kepada anaknya maka anak akan mempersepsikan bahwa orangtuanya perhatian kepada mereka. Anak yang diperhatikan orangtuanya akan memicu anak sehingga mereka mempunyai motivasi sekolah. Untuk itu perlu diketahui bagaimana persepsi anak terhadap perhatian orangtua dengan motivasi sekolahnya. Tujuan penelitian ini yaitu : untuk mengetahui hubungan persepsi terhadap perhatian orangtua dengan motivasi bersekolah pada anak jalanan. Hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan yang positif antara persepsi terhadap perhatian orangtua dengan motivasi bersekolah pada anak jalanan. Subjek pada penelitian ini adalah anak jalanan yang berada di sepanjang Jalan Malioboro Yogyakarta, dengan jumlah subjek 50 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive quota sampling, yaitu setiap individu dapat diambil berdasar ciri atau karakteristik yang telah ditentukan sebelumnya. Berdasar hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,680; p = 0,000 (p< 0,01), hal ini berarti hipotesis yang diajukan diterima, yaitu ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap perhatian orangtua dengan motivasi bersekolah pada anak jalanan. Sumbangan efektif variabel persepsi terhadap perhatian orangtua sebesar 46,2 %; yang ditunjukkan oleh koefisien determinan (r) sebesar 0,462. Hal ini berarti masih terdapat 53,8 % variabel lain yang mempengaruhi motivasi bersekolah di luar variabel persepsi terhadap perhatian orangtua misalnya faktor psikologis ( kemauan, bakat), fisiologis (kondisi panca indera), faktor sosial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap perhatian orangtua dengan motivasi bersekolah pada anak jalanan. Artinya semakin positif persepsi terhadap perhatian orangtua maka semakin tinggi motivasi bersekolah pada anak jalanan, semakin negatif persepsi terhadap perhatian orangtua maka semakin rendah motivasi bersekolah pada anak jalanan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, perhatian orangtua, motivasi bersekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 12 Jun 2009 02:13
Last Modified: 16 Nov 2010 22:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2517

Actions (login required)

View Item View Item