Haryanti, Fani and ., Drs.Djumali, M.Pd. and , Drs.Nur Chusni, SE., M.Ag (2013) Pengaruh Pola Belajar Dan Fasilitas Belajar Di Rumah Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Andong Kelas VII Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (166kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh: 1) pola belajar terhadap hasil belajar Ekonomi siswa Sekolah Menengah Pertama kelas VII tahun ajaran 2012/2013; 2) fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar Ekonomi siswa Sekolah Menengah Pertama kelas VII tahun ajaran 2012/2013; 3) pola belajar dan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar Ekonomi siswa Sekolah Menengah Pertama kelas VII tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian termasuk deskriptif kuantitatif. Populasinya seluruh siswa kelas VII tahun ajaran 2012/2013 Sekolah Menengah Pertama sebanyak 204 dan sampel 129 dengan teknik proporsional random sampling dari sampel masing-masing kelas diambil dengan cara undian. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket. Angket sebelumnya diuji coba dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan regresi linier ganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi: Y=8,467Y+ 0,916X1 + 0,540X2. Kesimpulannya adalah: 1) pola belajar siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar Ekonomi. Hal ini berdasarkan pada analisis regresi linier ganda (uji t) yang diketahui bahwa thitung>ttabel atau 3,481>1,979 dan nilai signifikansi<0,05yaitu 0,001 dengan sumbangan relatif sebesar 69,24% dan sumbangan efektif sebesar 7,69%; 2) fasilitas belajar siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar Ekonomi. Hal ini berdasarkan pada analisis regresi linier ganda (uji t) yang diketahui bahwa thitung>ttabel atau 2,123>1,979 dan nilai signifikansi<0,05 yaitu 0,036 dengan sumbangan relatif 30,76% dan sumbangan efektif 4,34%; 3) pola belajar dan fasilitas belajar siswa bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar Ekonomi. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda yaitu uji F yang diketahui bahwa Fhitung>Ftabel atau 10,365>3,068; 4) hasil uji koefisien determinasi (R2) pola belajar sebesar 0,111 sehingga menunjukkan pengaruh pola belajar terhadap hasil belajar Ekonomi sebesar 11,1%. Hasil uji koefisien determinasi (R2), pola belajar dan fasilitas belajar yaitu 0,141 atau 14,1% sehingga menunjukkan besarnya pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar Ekonomi sebesar 3,0% (14,1% - 11,1%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Ekonomi, Pola Belajar dan Fasilitas Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 29 Jul 2013 07:27 |
Last Modified: | 30 Oct 2021 05:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25119 |
Actions (login required)
View Item |