Konstruksi Pendidikan Karakter Kreatif Dalam Kegiatan Pramuka (Analisis Isi Terhadap Film Lima Elang untuk Pembelajaran PKn)

Astuti, Wulan Desi and , Drs. Ahmad Muthali'in. MSi (2013) Konstruksi Pendidikan Karakter Kreatif Dalam Kegiatan Pramuka (Analisis Isi Terhadap Film Lima Elang untuk Pembelajaran PKn). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (479kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (657kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konstruksi pendidikan karakter untuk ide kreatif, implementasi ide kreatif, dan motivasi ide kreatif dalam kegiatan pramuka analisi isi terhadap film lima elang untuk pembelajaran PKn. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini tidak menggunakan keabsahan data, karena yang diteliti adalah film, sehingga data yang diperoleh sudah valid. Penelitian ini menganalisis isi cerita film lima elang yang menunjukan konstruksi pendidikan karakter kreatif dalam kegiatan pramuka berdasarkan analisis dengan berbagai indikator. Karakter kreatif yang terkandung dalam film Lima Elang terletak pada adegan dan dialog sebagai berikut: 1. Konstruksi pendidikan karakter untuk ide kreatif dalam film Lima Elang ditunjukan pada adegan Baron menggunakan anak tangga sebagai jembatan penyebrangan, dan adegan Rusdi mengajak temanya untuk mengikuti perkemahan, 2. Konstruksi pendidikan karakter untuk implementasi gagasan atau ide kreatif dalam film Lima Elang terlihat ketika regu Elang membuat lubang di sekitar tenda, membuat suvenir dari bahan lilin, dan regu elang mencari markas bintang utama dengan menggunakan acuan peta rahasia, serta ketika Baron, Sindai, dan Aldi tersesat di dalam hutan, mereka menggunakan pedoman lumut di pohon untuk menentukan arah, 3. Konstruksi pendidikan karakter untuk motivasi atau dorongan ide kreatif dalam film Lima Elang terlihat pada adegan Baron dan Sindai mengelabuhi musuh dengan menggunakan suara mobil RC milik Baron dengan memanfaatkan daun yang lebar sebagai pengeras suara, selanjutnya terlihat pada adegan Rusdi memberikan dorongan kepada Baron untuk memperbaiki bel sekolah yang rusak, sehingga dapat berfungsi kembali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter kreatif, film lima elang, pembelajaran PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2013 07:18
Last Modified: 26 Oct 2021 00:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25100

Actions (login required)

View Item View Item