Pengaruh Prestasi Belajar Kewirausahaan Dan Persepsi Peluang Kerja Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi Di SMK Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Wulandari, Puput and , Drs.Nur Chusni, SE., M.Ag and , Drs.H.M.Yahya,M.Si (2013) Pengaruh Prestasi Belajar Kewirausahaan Dan Persepsi Peluang Kerja Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi Di SMK Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (253kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._COVER_DEPAN.pdf

Download (581kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh prestasi belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha; 2) Pengaruh persepsi peluang kerja terhadap minat berwirausaha; 3) Pengaruh prestasi belajar kewirausahaan dan persepsi peluang kerja terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 119 siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak 89 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi yang berupa nilai hasil belajar siswa (nilai semester gasal). Angket sebelumnya diujicobakan dengan menguji validitas item angket serta reliabilitas angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif.Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi linear: Y = 38,139+0,454X1 + 0,967X2 yang artinya minat berwirausaha dipengaruhi oleh prestasi belajar kewirausahaan dan persepsi peluang kerja. Kesimpulan yang diambil adalah 1) Ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linear berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,902 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,005; 2) Ada pengaruh yang signifikan persepsi peluang kerja terhadap minat berwirausaha, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linear berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 5,012 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 3) Ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar kewirausahaan dan persepsipeluang kerja terhadap minat berwirausaha, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linear berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu19,440 > 3,103 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil sumbangan relatif dan sumbangan efektif menunjukkan bahwa variabel prestasi belajar kewirausahaan memberikan sumbangan relatif sebesar 28% dan sumbangan efektif sebesar 8,7%, sedangkan variabel persepsi peluang kerja memberikan sumbangan relatif sebesar 72% dan sumbangan efektif sebesar 22,4%. Dengan uji koefisien determinasi (R2) sebesar 31,1%, sisanya 68,9% dipengaruhi variable lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar kewirausahaan, persepsi peluang kerja dan minat berwirausaha
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 11:02
Last Modified: 29 Oct 2021 10:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25091

Actions (login required)

View Item View Item