Penerapan Strategi Pembelajaran Answer Gallery Kolaborasi Everyone Is A Teacher Here Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Buku Besar Pada Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013

Nugroho, Alip and , Drs.Joko Suwandi, S.E, M.Pd and , Drs.Nur Chusni, SE., M.Ag (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Answer Gallery Kolaborasi Everyone Is A Teacher Here Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Buku Besar Pada Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (810kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
04._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
05._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] PDF (Bab V)
07._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran_Belakang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran buku besar melalui penerapan strategi pembelajaran answer gallery kolaborasi everyone is a teacher here pada siswa kelas siswa kelas x akuntansi 2 SMK negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Objek penelitian adalah seluruh siswa kelas xakuntansi 2 SMK negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan teknik analisis kritis dan teknik komparasi Langkah- langkah inti strategi pembelajaran answer gallery kolaborasi everyone is a teacher here adalah sebagai berikut : (1) Membagi siswa menjadi beberapa kelompok (2) Memberi masing-masing kelompok selembar kertas (3) setiap kelompok membuat soal dan jawaban (4) soal dikumpulkan dan jawaban ditempelkan di depan kelas (5)soal dibagikan secara acak dan setiap kelompok mendapatkan kesempatan untuk mencari jawaban di depan kelas (6)kelompok diminta menjelaskan pada kelompok lain, dan kelompok lain memberi tanggapan (7) guru memberi klarifikasi. Hasil penelitian ini yaitu penerapan strategi pembelajaran answer gallery kolaborasi everyone is a teacher here dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran buku besar pada siswa kelas x akuntansi 2 SMK Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2012/2013. hal tersebut didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: (1) keaktifan siswa selama siklus I sebesar 48,48% dan 65,46% meningkat menjadi 81,63% pada siklus II; (2) Rata – rata hasil belajar siswa pada posttest I sebesar 80,98 dan meningkat menjadi 85,54 pada posttest II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran answer gallery, strategi pembelajaran everyone is a teacher here, keaktifan siswa, hasil belajar, buku besar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2013 10:50
Last Modified: 29 Oct 2021 09:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25026

Actions (login required)

View Item View Item