Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Kartu Gambar (PTK di TK Marsudi Utami Klero (TK B) Kec. Tengaran Kab.Semarang)

Widihastuti, Yeni and , Aryati Prasetyarini, S.Pd, M.Pd and , Sri Slamet,S.Pd. M.Hum (2013) Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Kartu Gambar (PTK di TK Marsudi Utami Klero (TK B) Kec. Tengaran Kab.Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (334kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris melalui media kartu gambar di TK Marsudi Utami Klero. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subyek penelitian ini adalah siswa TK B Marsudi Utami Klero Kec. Tengaran, Kab. Semarang tahun ajaran 2010/2011, dan obyek penelitian ini adalah penguasaan kosakata bahasa Inggris. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif komparatif dan diskriptif interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari siklus I sampai siklu s III penguasaan kosakata bahasa Inggris anak Taman Kanak- Kanak mengalami peningkatan. Berdasarkan indikator peningkatan tersebut yaitu anak mampu melafalkan kembali kosakata meningkat, dari 24% menjadi 62%; anak dapat menyebutkan dan menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya meningkat, dari 43% menjadi 72%; serta anak yang dapat menyebutkan arti kata dalam bahasa Inggris dengan bantuan kartu gambar meningkat, dari 36% menjadi 67%. Penggunaan kartu gambar sebagai media pembelajaran dalam memaksimalkan peningkatan penguasaan kosakata anak yaitu dengan cara guru mengocok kartu gambar dan mengambilnya secara spontan dan cepat agar anak memperhatikan pembelajaran. Secara keseluruhan dengan penggunaan media kartu gambar mampu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris di TK Marsudi Utami Klero Kec. Tengaran, Kab. Semarang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosakata, Bahasa Inggris dan Media kartu gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2013 08:19
Last Modified: 25 Oct 2021 04:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25019

Actions (login required)

View Item View Item