Widyaninggar, Difta Novika Putri and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd. (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Metode Journalist’s Questions (5W 1H) Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Geneng I kecamatan Miri kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (747kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (367kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (346kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan menulis karangan narasi melalui metode Journalist’s Questions (5W 1H) pada siswa kelas IV SD Negeri Geneng I kecamatan Miri kabupaten Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yakni guru kelas IV SD Negeri Geneng I dan seluruh siswa kelas IV SD Negeri Geneng I kecamatan Miri kabupaten Sragen yang berjumlah 18 siswa. Sedangkan obyek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menulis karangan narasi melalui metode Journalist’s Questions (5W 1H) pada siswa kelas IV SD Negeri Geneng 1 kecamatan Miri kabupaten Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menulis karangan narasi. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian. Prosentase ketuntasan pada siklus pertama pertemuan pertama sebesar 61,11%. Prosentase ketuntasan pada siklus pertama pertemuan kedua sebesar 77,78%. Hasil rata-rata prosentase siklus pertama adalah sebesar 55,55%. Prosentase ketuntasan pada siklus kedua sebesar 94,44%. Sedangkan prosentase ketuntasan pada prasiklus sebesar 22,22%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Journalist’s Questions (5W 1H) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Journalist’s Questions (5W 1H), Karangan narasi, Kemampuan, Menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 11:49 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 08:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25003 |
Actions (login required)
View Item |