Muawanah, Lina and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Geometri Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Level Berpikir Geometri Van Hiele (Pada Siswa Kelas VIII MTs N 1 Surakarta Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (466kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf Download (578kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana level berpikir geometri Van Hiele dan kemampuan siswa menyelesaikan soal geometri berdasarkan level berpikir geometri Van Hiele pada pokok bahasan geometri bangun ruang sisi datar yang meliputi: level pengenalan, level analisis, level pengurutan, level deduksi, dan level keakuratan. Obyek dalam penelitian yaitu siswa- siswi MTs N 1 Surakarta tahun ajaran 2012/ 2013. Penelitian menggunakan penelitian diskriptif kualitatif. Sumber data guru dan siswa. Metode pengumpulan data (1). metode pokok yaitu metode tes (2). metode bantu meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara analisis kualitatif melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis kemampuan level berpikir geometri Van Hiele yaitu: (1) Prosentasi level Van Hiele secara rinci: 37% level pengenalan, 30% level analisisis, 17% level pengurutan, 16% level deduksi dan 0% level keakuratan. (2) Dampak bervariasi kemampuan berpikir geometri Van Hiele siswa dalam dalam pembelajaran geometri terhadap prestasi belajar siswa yaitu terbukti adanya keseimbangan atau berbanding lurus antara kemampuan level berpikir geometri Van Hiele dengan pemahaman siswa pada geometri bangun ruang sisi datar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis, geometri bangun ruang sisi datar, kemampuan, Van Hiele |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 11:41 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 22:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25001 |
Actions (login required)
View Item |