Nasrun, Nasrun (2008) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR OLEH GURU BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A420020096.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
Abstract
Media pembelajaran dan sumber belajar merupakan sarana dan penunjang proses pembelajaran. Melalui penggunaan media siswa akan lebih mudah dalam menerima pelajaran, sedangkan melalui sumber belajar siswa dapat memahami materi secara lebih mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran dan sumber belajar oleh guru Biologi di SMA Muhammadiyah se Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2007/2008. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bermaksud menggambarkan objek penelitian apa adanya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Muhammadiyah se Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2007/2008. Sampel diambil sebanyak 5 guru yang terdiri dari SMA Muhammadiyah 1 (2 guru), SMA Muhammadiyah 4 (2 guru), dan SMA Muhammadiyah 3 Nogosari (1 guru). Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan analisa kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan media pembelajaran oleh guru di SMA se-Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2007/2008 adalah termasuk dalam kategori kurang (0,632), artinya guru jarang menggunakan media dalam pembelajaran biologi. (2) Penggunaan sumber belajar oleh guru di SMA se-Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2007/2008 adalah termasuk dalam kategori kurang (0,519), artinya guru jarang menggunakan sumber belajar yang lengkap dalam pembelajaran biologi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, sumber belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ken Retno Yuniwati |
Date Deposited: | 22 Aug 2008 02:06 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 13:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/250 |
Actions (login required)
View Item |