Sulistyoningsih, Endah and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Peningkatan Minat Belajar PKn Melalui Strategi Inquiring Minds Want To Know Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Geneng 1 Miri Kabupaten SragenTahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (928kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (184kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (BAb IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (Daftara Pustaka)
DARTAR_PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (386kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan minat dan hasil belajar dalam mata pelajaran PKn melalui strategi Inquiring Minds Want To Know pada siswa kelas IV SD Negeri Geneng 1 Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Geneng1 Sragen yang terdiri atas 18 siswa. Hasil penelitian ini menunujukan bahwa adanya peningkatan minat Belajar siswa pada mata pelajaran PKn. (1) Adanya perhatian siswa saat pembelajaran PKn berlangsung sebelum dilakukan penelitian 5 siswa (27,78%), siklus I 12 siswa (66,66%), siklus II 16 siswa (88,89%), Adanya kemauan siswa untuk mengerjakan tugas pada mata pelajaran PKn sebelum dilakukan penelitian 3 siswa (16,67%), siklus I 11 siswa (61,11%), siklus II 14 siswa (77,78%), Kosentrasi siswa saat pembelajaran PKn baik sebelum dilakukan penelitian 3 siswa (16,67%), siklus I 13 siswa (72,22%), siklus II 15 siswa ( 83,33%). (2)Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn diukur dalam post test sebelum diadakan penelitian 8 siswa mencapai KKM (70) dengan Nilai rata-rata 61,11, dan prosentase ketuntasan belajar 44,44%, pada siklus I terdapat 12 siswa mencapai KKM (70) dengan nilai rata-rata 70,56 dan prosentase ketuntasan belajar 66,67%, pada Siklus II telah menunjukan peningkatan terdapat 16 siswa mencapai KKM (70) dengan nilai rata-rata 84,44 dan prosentase ketuntasan belajar 88,89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan strategi Inquiring Minds Want To Knowdapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran PKn.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Hasil Belajar, PKn, Strategi Inquiring Minds Want To Know. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 11:41 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 08:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24996 |
Actions (login required)
View Item |