Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII ASMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013)

Elina, Mega and , Masduki, S.Si., M.Si (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII ASMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 11 laki-laki dan 17 perempuan. Subjek pelaksanaan tindakan penelitian adalah guru matematika kela VII A dibantu peneliti sebagai observer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan analisis interaktif yang terdiri dari analisis data, penyajian data, dan verivikasi data. Kebsashan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) adanya peningkatan pemahaman konsep yang meliputi indikator: a) mengaplikasikan konsep dan algoritma pemecahan masalah sebesar 17,85% sebelum tindakan menjadi 78,57% sesudah tindakan, b) Menggunakan dan memilih prosedur tertentu dalam menyelesaikan soal sebesar 10,71% sebelum tindakan menjadi 60,71% sesudah tindakan, dan (2) adanya peningkatan komunikasi yang meliputi indikator: a) menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis dan diagram sebesar 21,42% sebelum tindakan menjadi 82,14% sesudah tindakan, b) menarik kesimpulan dari pernyataan sebesar 14,28% sebelum tindakan menjadi 64,28% sesudah tindakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, komunikasi matematika, kooperatif STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 10:07
Last Modified: 02 Nov 2021 22:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24986

Actions (login required)

View Item View Item